Minggu, 23 Desember 2012

Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal


Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 1

Rate 5 yaTernyata Ozon yg berlubang bisa menebal 2



Spoilerfor Ini gan:




Spoilerfor apakah ozon itu?:

Lapisan OZON

Lapisan ozon mulai dikenal oleh seorang ilmuwan dari Jerman, Christian Friedrich Schonbein pada tahun 1839. Ia berwarna biru pucat yang terbentuk dari tiga atom oksigen (O3). Ozon adalah gas yang tidak berwarna dan ditemui di lapisan stratosfer yaitu lapisan awan yang terletak antara 15 hingga 35 kilometer dari permukaan bumi.

Istilah 'ozon' atau lebih tepat lagi 'lapisan ozon' mulai mendapat perhatian sekitar tahun 1980an ketika para ilmuwan menemukan adanya 'lubang' di lapisan ozon di Antartika. Lubang tersebut merupakan hasil dari tenaga matahari yang mengeluarkan radiasi ultra yang tinggi. Radiasi itu berpecah menjadi molekul oksigen sekaligus melepaskan atom bebas di mana setengahnya diikat dengan molekul oksigen yang lain untuk membentuk ozon.

Kira-kira 90% daripada ozon di atmosfera terbentuk dengan cara ini yaitu meliputi di antara 15 sehingga 55 kilometer di atas permukaan bumi. Bagian ini disebut dengan stratosfer. Walaupun begitu, ozon yang ada itu didapati terdapat dalam jumlah yang sedikit yaitu maksimum hanya di antara 20 hingga 25 kilometer. Banyaknya ozon di atmosfer tergantung pada keseimbangan dinamis di antara sejauh mana ia terbentuk dan bagaimana ia musnah.






Spoilerfor penyebab ozon menipis:

Ancaman yang diketahui terhadap keseimbangan ozon adalah kloroflorokarbon (CFC) yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon.

CFC digunakan oleh masyarakat modern dengan cara yang tidak terkira banyaknya,


  • AC


  • kulkas


  • bahan dorong dalam penyembur (aerosol), diantaranya kaleng semprot untuk pengharum ruangan, penyemprot rambut atau parfum


  • pembuatan busa


  • bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik





Satu buah molekul CFC memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan.








Spoilerfor Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal:



Dalam waktu kira-kira 5 tahun, CFC bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10 – 50 km). Molekul CFC terurai setelah bercampur dengan sinar UV, dan membebaskan atom KLORIN. Atom klorin ini berupaya memusnahkan ozon dan menghasilkan LUBANG OZON.

Penipisan lapisan ozon akan menyebabkan lebih banyak sinar UV memasuki bumi.

Lubang ozon di Antartika disebabkan oleh penipisan lapisan ozon antara ketinggian tertentu seluruh Antartika pada musim semi. Pembentukan ‘lubang’ tersebut terjadi setiap bulan September dan pulih ke keadaan normal pada lewat musim semi atau awal musim panas.

Dalam bulan Oktober 1987, 1989, 1990 dan 1991, lubang ozon yang luas telah dilacak di seluruh Antartika dengan kenaikan 60% pengurangan ozon berbanding dengan permukaan lubang pra-ozon. Pada bulan Oktober 1991, permukaan terendah atmosfer ozon yang pernah dicatat telah terjadi di seluruh Antartika.

Selain itu lubang lapisan ozon disebabkan oleh emisi karbon karena ulah manusia yang terus bertambah, dan adanya gas beracun lainnya.

Pada awal tahun 1980-an, para peneliti yang bekerja di Antartika mendeteksi hilangnya ozon secara periodik di atas benua tersebut. Keadaan yang dinamakan lubang ozon (suatu area ozon tipis pada lapisan ozon) ini, terbentuk saat musim semi di Antartika dan berlanjut selama beberapa bulan sebelum MENEBAL kembali.
Pada tahun 1987, ditandatangani Protokol Montreal, suatu perjanjian untuk perlindungan terhadap lapisan ozon. Protokol ini kemudian diratifikasi oleh 36 negara termasuk Amerika Serikat.

Pelarangan total terhadap penggunaan CFC sejak 1990 diusulkan oleh Komunitas Eropa (sekarang Uni Eropa) pada tahun 1989, yang juga disetujui oleh Presiden AS George Bush. Pada Desember 1995, lebih dari 100 negara setuju untuk secara bertahap menghentikan produksi pestisida metil bromida di negara-negara maju. Bahan ini diperkirakan dapat menyebabkan pengurangan lapisan ozon hingga 15 persen pada tahun 2000. CFC tidak diproduksi lagi di negara maju pada akhir tahun 1995 dan dihentikan secara bertahap di negara berkembang hingga tahun 2010. Hidrofluorokarbon atau HCFC, yang lebih sedikit menyebabkan kerusakan lapisan ozon bila dibandingkan CFC, digunakan sementara sebagai pengganti CFC, hingga 2020 pada negara maju dan 2016 di negara berkembang. Untuk memonitor berkurangnya ozon secara global, pada tahun 1991, National Aeronautics and Space Administration (NASA) meluncurkan Satelit Peneliti Atmosfer. Satelit dengan berat 7 ton ini mengorbit pada ketinggian 600 km (372 mil) untuk mengukur variasi ozon pada berbagai ketinggian dan menyediakan gambaran jelas pertama tentang kimiawi atmosfer di atas.






Spoilerfor yang harus dilakukan:

Apa yang dapat dilakukan untuk melindungi si pelindung bumi kita? Agar kerusakan lapisan ozon yang terjadi tidak semakin parah dan kita dapat terhindar dari dampaknya yang membahayakan, dibutuhkan kesadaran dan kerja sama dari seluruh masyarakat dunia untuk tidak menggunakan zat-zat yang dapat merusak dan melubangi lapisan ozon. Tindakan sederhana yang dapat dilakukan antara lain dengan menghindari pembelian barang-barang yang mengandung BPO. Sebelum membeli peralatan pemadam kebakaran, barang-barang foam, lemari pendingin dan AC harus dipastikan lebih dulu apakah produk sudah ramah ozon, menolak membeli barang yang mengandung BPO jika alternatif lainnya tersedia, dan mencatat perusahaan yang masih menggunakan BPO dan suarakan keprihatinan kita terhadap hal tersebut. Apabila di rumah, perusahaan atau kantor kita masih terdapat barang-barang yang mengandung BPO perlu dilakukan perawatan peralatan yang baik untuk menjamin CFC tidak terlepas ke stratosfer.

Disarankan beberapa hal untuk membantu melindungi diri kita dari bahaya radiasi UV-B yaitu dengan mengurangi kegiatan di luar ruangan pada jam 10.00 – 15.00 ketika matahari bersinar sangat terik, menggunakan pakaian dan aksesoris (topi, kacamata) yang dapat melindungi dan menahan sinar matahari dari tubuh, serta menggunakan sun cream dengan sun protection factor (SPF) 15 atau lebih, pada kulit yang tidak terlindung terutama saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Marilah kita sebagai generasi muda lebih peduli dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh bumi kita. Lapisan ozon jangan sampai makin besar ukuran lubangnya dari tahun ke tahun. Kita dapat melakukannya dengan lebih peka terhadap teknologi ramah lingkungan. Semoga niat baik dan usaha yang kita lakukan diberkati Tuhan.






Makanya kita harus GO GREEN gan2 Jempol


Buat agan yang udah ISO mintaBlue Guy Cendol (L)ya kalau yang belum ISORate 5 Staraja

ternyata begitu ya, info mengenai ozon..

PERTAMAX..

nice infonya ganthumbsup:
ngeri juga kalo lapisan ozon terus menipis, banyak pulau bisa tenggelamTakut (S)

kalo pake ilustrasi foto pasti lebih menarik deh gan... but nice sharethumbsup

Ane anak GO GREEN gan.Android UserCool
eh,Bukan green yang itu? Oh,Cendol kan gan maksudnyaCool
wha..,Bukan juga?Oh,Ijo pohon.Sepedaan ngejar ISO dah cukup membantu gan

terserah agan aja


Quote:Original Posted By ninaratna223 â–º
Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 11


Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 12

Recommended SellerRecommended SellerRecommended Seller
Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 16
Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 17

Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 18

Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 19





Spoilerfor BUKTI PENGHASILAN PERMINGGU :

Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 20



Sundul Gan (S)Sundul Gan (S)Sundul Gan (S)Sundul Gan (S)Sundul Gan (S)Sundul Gan (S)

I Love Kaskus




Spoilerfor BUKTI KE.2:

KALO CUMAN JADI FREE MEMBER/TANPA MODAL HASILNYA SEGINI DOANG GAN Add Friend (S)


Spoilerfor :



Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 29








Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 30


Ternyata Ozon yg berlubang bisa menebal 31





Spoilerfor PINTU REZEKI ANE YG LAIN :





wow manteb gaaanthumbsup

sukur deh ozon bisa menebal lagi semoga nantinya bumi kembali hijau dan langiot lkembali biru


Quote:Original Posted By inBLu â–º
sukur deh ozon bisa menebal lagi semoga nantinya bumi kembali hijau dan langiot lkembali biru



amieeeen gan

memang sudah saatnya kita go green yahhh

go green go green go green go green

Subbahanalloh, Alloh Pencipta Alam Semesta2 Jempol

bagus jg ganBig Grin

mantep gan..
ayo kita lakukan mulai dari sekarangBig Grin


Quote:Original Posted By JY07 â–º
mantep gan..
ayo kita lakukan mulai dari sekarang Big Grin


Quote:
AYO gan kita MULAI dari SEKARANG!!!!



begitu to gan,,,
baru tau ane..
tak kira klo bolong g isa nutup lg...


Quote:Original Posted By aeroholicz â–º
begitu to gan,,,
baru tau ane..
tak kira klo bolong g isa nutup lg...



Quote:
Insya Allah bisa gan I Love Indonesia (S)



Quote:Original Posted By arsenal1886 â–º
anjrit NgakakNgakak ada ada aja Big Grin

iah nih teesnya keren dah kreatif

perubahan bisa dimulai dari diri sendiri, mulai besok mari kita jaga bumi kitaAngel


Quote:Original Posted By RTR â–º
Ngakakyee si Agan, gua pikir beneran, hahaha.

ada ada aja nih TSnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar