!!Before You Do Anything Please Read This First | Baca Post Ini Terlebih Dahulu!!
Thread ini dibuat kembali untuk melanjutkan thread BMW sebelumnya telah di lock (Part I & Part II & Part III) & Part IV, Part V, Part VI, dan Part VII)
Ayo mari-mari yang punya bimmers masuk sini dan bicarakan segala macam tentang BMW...
selain itu, thread ini juga menjadi ajang perkumpulan BUCKS, sebuah komunitas BMW yang terbentuk dari Kaskus.
Thread ini adalah bagian dari BUCKS, tetapi thread ini bukanlah BUCKS
Oleh karena itu tidak ada paksaan dan tidak harus menjadi member BUCKS jika ingin bergabung dalam thread BMW Mania
--------------------
BUCKS adalah komunitas penggemar atau pemakai BMW yang berasal dari kaskus, singkatannya Bimmer Underground Community Keeps Solidarity.
BUCKS bersifat independen tanpa sokongan dari BMW Munich ataupun BMWCCI yang diakui secara internasional. Sifat independen ini membuat BUCKS lebih bebas dan gampang memobilisasi membernya untuk membuat suatu acara gathering (lebih tepatnya secara spontan).
Disini (kaskus + BUCKS) kita bisa bertukar informasi mengenai banyak hal tentang BMW dan mobil-mobil lainnya, tanpa memandang status mobil ataupun pribadi.
Tidak ada perbedaan perlakuan antara member BUCKS ataupun bukan, sebab kita saling menghormati satu sama lain
Sejarah BUCKS dari madmac
Awal mula thread ini dibentuk memang sebagai wadah penyatu antara pengguna/penyuka brand BMW. segala persoalan teknis dan non teknis selalu bisa didapat disini, yang artinya info mengenai kerusakan sampai info mengenai update yang diberikan oleh BMW international dapat ditemukan disini. Jadi pada awal kelahiran thread ini, murni sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Bahkan banyak individu yang dapat memberikan kontribusi yang sangat baik, contoh om kuchi ( hi om )
Lalu seiring dengan bertambahnya member, mulai diadakan acara bertemu yang pertama. Saat itu kami (dimas, andi, lukat, fahmi, mirza & saya) mengadakan acara gathering kecil. dari pertemuan yang singkat itu lahir sebuah visi yang sama diantara kami, yaitu mencintai bmw & mencari solusi terbaik (dalam hal ini tentunya berkaitan dengan budget untuk maintenence) agar tetap bisa menggunakan & merawat mobil kami sebaik mungkin.
Dari sini lalu muncullah ide, bagaimana kalau kita mempunyai sebuah komunitas (yup komunitas, bukan club - karena kami tidak mau disamakan dengan club mobil lain, dimana tujuan kami adalah untuk mempererat persaudaraan diantara kami, dan bukan untuk show off/sekedar nongkrong tanpa kegiatan yang jelas). Maka lahirlah BUCKS. Yap, saya yang menemukan kata ini. Tapi saya yakin pasti tidak ada yang tahu bagaimana kata ini dapat dipilih. BUCKS yang kita kenal selama ini memang berasal dari Bimmer Underground Community Keep Solidarity, yang arti kami adalah komunitas underground yang tidal mengharapkan dapat dikenal oleh kalangan luas dan sebagai wadah yang dapat mempererat rasa persaudaraan kami. Jadi setiap kata yang dikandung oleh BUCKS itu tidak asal dibuat, BUCKS memiliki cita2 didalamnya.
Jika dilihat bagaimana pemilihan kata Bucks, sejujurnya ini adalah Slank yang saya ciptakan, berasal dari kata Bags yang merupakan kependekan dari kata berbagi.
Dan akhirnya Bucks berkembang sangat pesat. Salah satu senior kami, om kuchi sangat mendukung kehadiran Bucks dan dia percaya, komunitas ini akan bertumbuh dan menjadi sangat besar. Kita adalah saksi, bagaimana Bucks yang berawal dari pertemuan sederhana dapat menjadi seperti sekarang.
--------------------
Guidelines Thread BMW Mania per tanggal 10/11/2009
Thread BMW Mania bukanlah tempat untuk mengejar ISO. Thread ini memang tempat kita untuk lari dari dunia nyata untuk bersenda gurau dengan teman2x yg lokasinya saling berjauhan. Sangat dipersilahkan untuk bercanda, akan tetapi harus mengingat etika kesopanan dalam bergaul.
Thread BMW Mania juga bukan sarang preman. Oleh karena itu marilah kita sama sama menjaga rasa kekeluargaan dan sikap saling menghormati kepada para pengguna BMW maupun Non BMW yang berada dalam penghuni threat BMW Mania.
Thread BMW Mania juga bukan anak thread dari BB17, harap dijaga postingan maupun sharing cerita yang telah dilakukan ataupun yang akan dilakukan oleh para penghuni threat disini. Tidak ada yang perlu dibanggakan, cukuplah tau sama tau saja dan lakukan dengan menggunakan PM/YM/BBM/MSN or any other kind of instant messaging jika ingin berbicara lebih detail mengenai hal2x ini. Perlu diingat kalau thread BMW Mania ini dipantau oleh banyak kalangan, umur dan gender. Janganlah kita memberikan kesan yang kurang baik.
Kalau ada masalah sama orang-orang di thread ini, silahkan selesaikan diluar thread.
Kalau ada barang yang mau dijual, diperkenankan untuk post disini, tapi harus berhubungan dengan BMW (parts, accessories, Velg+ban, mobil BMW, motor BMW, dsb). Untuk benda lainnya yang diluar BMW (alat penghemat bensin, cairan-cairan otomotif, oli non-BMW, dsb) harus dibuat link yang menuju kepada tempat lapak barang tersebut. barang-barang lain selain yang berkaitan dengan BMW dilarang keras dijual disini.
--------------------
INFO:
Jika ada yang mau join BUCKS silahkan kirim PM (Personal Message) dengan isi:
ID Kaskus, Nama Asli, Tipe Mobil dan Mesin, Plat Nomor, Alamat, Nomor yang dapat dihubungi, dan Alamat email
ke Adyana dengan subjek: Daftar BUCKS [ID Kaskus]
Contoh:
Send to: .Adyana.
Subjek: Daftar BUCKS Diablo_reaper
Isi Pesan: Diablo_reaper, John Doe, E90 M3 S65, B1234XYZ, JL. ABCDE NO.123, Jakarta Selatan, Indonesia, 0856xxxxxxx, saya@email.com.
--------------------
hal ini dibuat untuk kenyamanan user dan pengunjung thread ini. Etika di thread ini sangat penting, dan kehormatan amat sangat dijaga.
Terima Kasih atas perhatiannya.
--------------------
Dari Iqbal_otree
Org yg bilang bmw perawatannya mahal dan susah cuma 3 kemungkinannya...
1. org tesebut ga pernah miara bmw jd cuma denger katanya2 aja...
2. org tersebut apes dapet brg yg berantakan sehingga capek bolak balik ke bengkel
3. org itu dapet bengkel yg salah...jd kerjaanya di tipu trus ama tu bengkel
--------------------
List Bengkel dipindah ke Posting bawah saya
Thread ini dibuat kembali untuk melanjutkan thread BMW sebelumnya telah di lock (Part I & Part II & Part III) & Part IV, Part V, Part VI, dan Part VII)
Ayo mari-mari yang punya bimmers masuk sini dan bicarakan segala macam tentang BMW...
selain itu, thread ini juga menjadi ajang perkumpulan BUCKS, sebuah komunitas BMW yang terbentuk dari Kaskus.
Thread ini adalah bagian dari BUCKS, tetapi thread ini bukanlah BUCKS
Oleh karena itu tidak ada paksaan dan tidak harus menjadi member BUCKS jika ingin bergabung dalam thread BMW Mania
--------------------
BUCKS adalah komunitas penggemar atau pemakai BMW yang berasal dari kaskus, singkatannya Bimmer Underground Community Keeps Solidarity.
BUCKS bersifat independen tanpa sokongan dari BMW Munich ataupun BMWCCI yang diakui secara internasional. Sifat independen ini membuat BUCKS lebih bebas dan gampang memobilisasi membernya untuk membuat suatu acara gathering (lebih tepatnya secara spontan).
Disini (kaskus + BUCKS) kita bisa bertukar informasi mengenai banyak hal tentang BMW dan mobil-mobil lainnya, tanpa memandang status mobil ataupun pribadi.
Tidak ada perbedaan perlakuan antara member BUCKS ataupun bukan, sebab kita saling menghormati satu sama lain
Sejarah BUCKS dari madmac
Awal mula thread ini dibentuk memang sebagai wadah penyatu antara pengguna/penyuka brand BMW. segala persoalan teknis dan non teknis selalu bisa didapat disini, yang artinya info mengenai kerusakan sampai info mengenai update yang diberikan oleh BMW international dapat ditemukan disini. Jadi pada awal kelahiran thread ini, murni sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Bahkan banyak individu yang dapat memberikan kontribusi yang sangat baik, contoh om kuchi ( hi om )
Lalu seiring dengan bertambahnya member, mulai diadakan acara bertemu yang pertama. Saat itu kami (dimas, andi, lukat, fahmi, mirza & saya) mengadakan acara gathering kecil. dari pertemuan yang singkat itu lahir sebuah visi yang sama diantara kami, yaitu mencintai bmw & mencari solusi terbaik (dalam hal ini tentunya berkaitan dengan budget untuk maintenence) agar tetap bisa menggunakan & merawat mobil kami sebaik mungkin.
Dari sini lalu muncullah ide, bagaimana kalau kita mempunyai sebuah komunitas (yup komunitas, bukan club - karena kami tidak mau disamakan dengan club mobil lain, dimana tujuan kami adalah untuk mempererat persaudaraan diantara kami, dan bukan untuk show off/sekedar nongkrong tanpa kegiatan yang jelas). Maka lahirlah BUCKS. Yap, saya yang menemukan kata ini. Tapi saya yakin pasti tidak ada yang tahu bagaimana kata ini dapat dipilih. BUCKS yang kita kenal selama ini memang berasal dari Bimmer Underground Community Keep Solidarity, yang arti kami adalah komunitas underground yang tidal mengharapkan dapat dikenal oleh kalangan luas dan sebagai wadah yang dapat mempererat rasa persaudaraan kami. Jadi setiap kata yang dikandung oleh BUCKS itu tidak asal dibuat, BUCKS memiliki cita2 didalamnya.
Jika dilihat bagaimana pemilihan kata Bucks, sejujurnya ini adalah Slank yang saya ciptakan, berasal dari kata Bags yang merupakan kependekan dari kata berbagi.
Dan akhirnya Bucks berkembang sangat pesat. Salah satu senior kami, om kuchi sangat mendukung kehadiran Bucks dan dia percaya, komunitas ini akan bertumbuh dan menjadi sangat besar. Kita adalah saksi, bagaimana Bucks yang berawal dari pertemuan sederhana dapat menjadi seperti sekarang.
--------------------
Guidelines Thread BMW Mania per tanggal 10/11/2009
Thread BMW Mania bukanlah tempat untuk mengejar ISO. Thread ini memang tempat kita untuk lari dari dunia nyata untuk bersenda gurau dengan teman2x yg lokasinya saling berjauhan. Sangat dipersilahkan untuk bercanda, akan tetapi harus mengingat etika kesopanan dalam bergaul.
Thread BMW Mania juga bukan sarang preman. Oleh karena itu marilah kita sama sama menjaga rasa kekeluargaan dan sikap saling menghormati kepada para pengguna BMW maupun Non BMW yang berada dalam penghuni threat BMW Mania.
Thread BMW Mania juga bukan anak thread dari BB17, harap dijaga postingan maupun sharing cerita yang telah dilakukan ataupun yang akan dilakukan oleh para penghuni threat disini. Tidak ada yang perlu dibanggakan, cukuplah tau sama tau saja dan lakukan dengan menggunakan PM/YM/BBM/MSN or any other kind of instant messaging jika ingin berbicara lebih detail mengenai hal2x ini. Perlu diingat kalau thread BMW Mania ini dipantau oleh banyak kalangan, umur dan gender. Janganlah kita memberikan kesan yang kurang baik.
Kalau ada masalah sama orang-orang di thread ini, silahkan selesaikan diluar thread.
Kalau ada barang yang mau dijual, diperkenankan untuk post disini, tapi harus berhubungan dengan BMW (parts, accessories, Velg+ban, mobil BMW, motor BMW, dsb). Untuk benda lainnya yang diluar BMW (alat penghemat bensin, cairan-cairan otomotif, oli non-BMW, dsb) harus dibuat link yang menuju kepada tempat lapak barang tersebut. barang-barang lain selain yang berkaitan dengan BMW dilarang keras dijual disini.
--------------------
INFO:
Jika ada yang mau join BUCKS silahkan kirim PM (Personal Message) dengan isi:
ID Kaskus, Nama Asli, Tipe Mobil dan Mesin, Plat Nomor, Alamat, Nomor yang dapat dihubungi, dan Alamat email
ke Adyana dengan subjek: Daftar BUCKS [ID Kaskus]
Contoh:
Send to: .Adyana.
Subjek: Daftar BUCKS Diablo_reaper
Isi Pesan: Diablo_reaper, John Doe, E90 M3 S65, B1234XYZ, JL. ABCDE NO.123, Jakarta Selatan, Indonesia, 0856xxxxxxx, saya@email.com.
--------------------
hal ini dibuat untuk kenyamanan user dan pengunjung thread ini. Etika di thread ini sangat penting, dan kehormatan amat sangat dijaga.
Terima Kasih atas perhatiannya.
--------------------
Dari Iqbal_otree
Org yg bilang bmw perawatannya mahal dan susah cuma 3 kemungkinannya...
1. org tesebut ga pernah miara bmw jd cuma denger katanya2 aja...
2. org tersebut apes dapet brg yg berantakan sehingga capek bolak balik ke bengkel
3. org itu dapet bengkel yg salah...jd kerjaanya di tipu trus ama tu bengkel
--------------------
List Bengkel dipindah ke Posting bawah saya
Thread ini adalah thread lanjutan darihttp://kask.us/13889746yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Thread ini adalah thread lanjutan darihttp://kask.us/12368419yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Thread ini adalah thread lanjutan darihttp://kask.us/11422944yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Thread ini adalah thread lanjutan darihttp://kask.us/11029451yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
dibawah ini ada daftar bengkel-bengkel yang mungkin berguna bagi anda. silahkan disimak:
JAKARTA
PT Astra International Tbk
BMW dealer Cilandak (pak yayat/ pak Supriyanto)
Jl.RA Kartini Kav.203 Cilandak
Jakarta 12430
INDONESIA
Tel : + 62-21-7500335
Fax : + 62-21-7664733
partcilandak@bmw.astra.co.id
Auto Gemilang
Jl. Pangeran Antasari No.39
Cilandak Barat Jakarta Selatan
Tel: +21-769-8607
Bimmer House
Bintaro Trade Center LT.1 Blok H2 No.50 Bintaro Sektor 7
085310050501
PT Karsa Bangkit Mandiri (KBM)
Jl. Radin Inten Raya II no. 66 D1
Duren sawit -Jakarta Timur (kalimalang)
021-86614099
PT. Buana Sakti Motor
Warung Buncit - Jakarta Selatan
021-7996171
Casablanca Motor
Jl. KH. Abdullah Syafi'i No. 50, Tebet
Telp. 021-83701908 or 68278633
BMW M Tech Specialist
Jl. Akses UI No. 98B Kelapa Dua, Depok
Tlp. 021-982 32 932 HP. 0818 887 310
Auto My Car
Jl. Ir. H. Juanda No. 29, Situ Gintung, Ciputat
(Depan Makro/Samping SPBU Petronas)
Tlp. 021-7401524
Contact person (Tatang - Ex Anugrah Lebak Bulus)
Iriansyah (Irs) Ian Parts & Accessories
Importer and Supplier (BMW, Mini & Others Spare Parts)
Jl. Pramuka Sari I No. 27
RT: 011/08 Rawasari - Cempaka Putih
Jakarta - 10570
Indonesia
Fax : 62 21 425 0590
PH : 62 21 946 08 218
HP : 0812 949 7636
E-Mail : irian_syah@cbn.net.id
New jaya Psr Cipete
(021-7211884)
N Jaya Motor (Avon)
Duta Mas Fatmawati 72796179 - cabang New Jaya
Sierra Motor Service (khusus BMW)
Jl. Kartini Raya No.9B Margahayu - Bekasi Timur
Telp: 021-32306469
Montir/Owner:
0815 9296 181 - Mas Saerun
Marga Motor jalan Raden inten, Jaktim ( Depan Shop&Drive; Raden Inten ), contact person Acong Telp : 0852 19624085
MANDIRI MOTOR
di gedung parkir BINTARO TRADE CENTER (BTC)
kepala montir nya namanya asep.
------------------------------------------------------
BENGKEL AC JAKARTA
Kartika AC
Jl. RC Veteran Raya no. 6, Bintaro
Telp. 73882839
Mandala Motor AC Mobil Pekayon
(Leo)
Telp. 021-9033-4128 / 0857-8172-1992
Jalan Raya Pekayon Nomor 1 - Bekasi Selatan (Tepat didepan pintu masuk perumahan Kemang Pratama)
Mandala Motor AC Mobil Taman Galaxy
(Salim / Shierly)
Telp. 021-820-3160 / 021-820-3171 / 021-9651-3489 / 0878-77-57-97-07
Jalan Taman Galaxy Raya Blok B Nomor 12 B - Bekasi Selatan
------------------------------------------------------
BANDUNG
Tunas MP - Bandung (Official BMW / beres)
Jl. Wastukencana 11 (samping balaikota)
Aep BMW
Jl. Waas no.6 (Batununggal)
08122308498 (Pa Aep)
DJ Motor (German & Euro Car Specialist)
Jl. Baladewa no.3 (Pajajaran dekat Lanud Hussein)
022.6041581
0813.204.206.93 (Pa Madi)
Bintang Jaya Makmur (salah satu yang peralatannya paling lengkap setelah be-res, ini salah satu bengkel specialist BMW yang awal-awal di bandung, sodaraan ama yg punya bengkel specialist Mercy di seberangnya)
Jln. Veteran no.64
022.423.9264
Holspec
Jl. Burangrang (Hook perempatan Lodaya)
022.7080.5370
0818.205520 (Oom Bob)
BMW M-Tech
Jl. M.Ramdhan no.90
022.5203380 (chief mekanik: Arifin)
ABC Motor / BMW Pajajaran
Jl. Pajajaran no.16
022.426.5577
0812.143.0918 (Chief mk: Agus)
Milan Motor (Lebih dikenal sebagai penjual sparepart mobil2 eropa, kalo buat servis/maintenance belum ada yg ngasih input pengalaman di sini nih..)
Jln. Karapitan (seberangnya BABE)
Three-C- Martin
Jl. Tamansari depan no.36
022.4261077
0816.487.3920 (Martin)
Jl. Ciateul no.80
022.5211.074
Family Motor (macem2 mobil tapi paling jago di BMW, Mercy, dan Jeep/Chrysler, tapi ga jual sparepart)
Jln. Â Â (Komplek TNI-AU Husein Sastranegara, dekat SMU 9)
022.6020.691
0812.148.4567 (Pa Oyo)
RIZQ BMW CIMAHI letaknya di pertigaan PUSDIKPOM-Cimindi hujung
keluar tol Cimahi (Baros) belok kanan.
tlp: no tlp: 0821 2063 5540 / 0838 2066 4033
------------------------------------------------------
BOGOR
Sierra Mobil
BMW Specialist
Jl. Letna Natsir Ciangsana Raya No. 16
Cikeas - Nagrak, Gunung Putri Bogor
Tlp : 021 82498359
Montir :
Mas Yanto
------------------------------------------------------
YOGYAKARTA
Pak Yono
Alamat rumah: Kalo dari perempatan Jl. Magelang-Ringroad, ke arah selatan sampe ketemu gang di kiri (timur) jalan yang diapit persis sama ALFAMART dan INDOMARET (nama gangnya lupa). Rumahnya masuk ke gang situ.
Telpon: 0816 426 0756
Wisan Motor
Jl. Raya Krangkungan No. 15 Condongcatur, Yogyakarta. Pokoknya masuk aja arah terminal Condongcatur (jalan yang ada pohon beringin besar), ikuti jalan aja, nanti di sebelah kiri jalan ada papan nama gede tulisan Petronas, itu bengkelnya sebelah kiri jalan.
Telpon: Wibi-0811258538
OB motor
Jl. Parangtritis 158 (selatan spbu jogokaryan)
0818464807
0274-3007128
PIN BB: 2776E73
------------------------------------------------------
SURABAYA
OXXO Autoparts
BMW & Mercedez-Benz Specialist
Jln. Raya Diponegoro 210 B, Surabaya Pusat
031-5613198 (Head Mechanic : Iwan)
------------------------------------------------------
BALI
BALI KITA MOTOR
Jl. Gatot Subroto Timur no.234 - Topati
Denpasar 80239
Bali
0361-462922, 463646
------------------------------------------------------
PADANG
Warna Warni Motor
Jl. Sawahan 59 Padang - Sumatera Barat
Tlp. : 0751 29305
Fax : 0751 39006
email: wwcable@yahoo.com
Owner : Ir. Feri Ferdinal
Montir : banyak.... hehehe.. tp ada Syamsul disono...
------------------------------------------------------
PALEMBANG
ESSEN AUTOMOBIL
jl.masjid thoyyibah komplek garden katuk regency
kenten sukamaju,palembang-30164
telp : budi 081368201793 / 0711-9176369
ADI AUTOSERVICE
Jln. Brigjen H. Kasim No.17 Celentang
Palembang, Sumsel- 30114
Tlp : 0711-8407651, 081271407651 (Adi)
------------------------------------------------------
MEDAN
Makmur Agung Motor (MAM)
Specialist Mobil Eropa (BMW, Mercedes, Volvo)
Jl. Setia Budi 35/27 A
Telp. (061) 8215968 / 8217918
FAx. (061) 8223274
Medan
------------------------------------------------------
KALIMANTAN
Andalan Utama Motor
Jl. Mayjen Sutoyo S RT. 005 No. 267
Banjarmasin, Telp/Fax. 0511-3350738
SEKAWAN MOTOR (Parts Shop)
Jl.Jend A yani KM 1 no.34
telp.(0511-3268025)
Banjarmasin Kalimantan Selatan
List bengkel ini didapati dari pengguna thread ini, kalo ada tambahan silahkan hubungi saya, nanti saya update.
JAKARTA
PT Astra International Tbk
BMW dealer Cilandak (pak yayat/ pak Supriyanto)
Jl.RA Kartini Kav.203 Cilandak
Jakarta 12430
INDONESIA
Tel : + 62-21-7500335
Fax : + 62-21-7664733
partcilandak@bmw.astra.co.id
Auto Gemilang
Jl. Pangeran Antasari No.39
Cilandak Barat Jakarta Selatan
Tel: +21-769-8607
Bimmer House
Bintaro Trade Center LT.1 Blok H2 No.50 Bintaro Sektor 7
085310050501
PT Karsa Bangkit Mandiri (KBM)
Jl. Radin Inten Raya II no. 66 D1
Duren sawit -Jakarta Timur (kalimalang)
021-86614099
PT. Buana Sakti Motor
Warung Buncit - Jakarta Selatan
021-7996171
Casablanca Motor
Jl. KH. Abdullah Syafi'i No. 50, Tebet
Telp. 021-83701908 or 68278633
BMW M Tech Specialist
Jl. Akses UI No. 98B Kelapa Dua, Depok
Tlp. 021-982 32 932 HP. 0818 887 310
Auto My Car
Jl. Ir. H. Juanda No. 29, Situ Gintung, Ciputat
(Depan Makro/Samping SPBU Petronas)
Tlp. 021-7401524
Contact person (Tatang - Ex Anugrah Lebak Bulus)
Iriansyah (Irs) Ian Parts & Accessories
Importer and Supplier (BMW, Mini & Others Spare Parts)
Jl. Pramuka Sari I No. 27
RT: 011/08 Rawasari - Cempaka Putih
Jakarta - 10570
Indonesia
Fax : 62 21 425 0590
PH : 62 21 946 08 218
HP : 0812 949 7636
E-Mail : irian_syah@cbn.net.id
New jaya Psr Cipete
(021-7211884)
N Jaya Motor (Avon)
Duta Mas Fatmawati 72796179 - cabang New Jaya
Sierra Motor Service (khusus BMW)
Jl. Kartini Raya No.9B Margahayu - Bekasi Timur
Telp: 021-32306469
Montir/Owner:
0815 9296 181 - Mas Saerun
Marga Motor jalan Raden inten, Jaktim ( Depan Shop&Drive; Raden Inten ), contact person Acong Telp : 0852 19624085
MANDIRI MOTOR
di gedung parkir BINTARO TRADE CENTER (BTC)
kepala montir nya namanya asep.
------------------------------------------------------
BENGKEL AC JAKARTA
Kartika AC
Jl. RC Veteran Raya no. 6, Bintaro
Telp. 73882839
Mandala Motor AC Mobil Pekayon
(Leo)
Telp. 021-9033-4128 / 0857-8172-1992
Jalan Raya Pekayon Nomor 1 - Bekasi Selatan (Tepat didepan pintu masuk perumahan Kemang Pratama)
Mandala Motor AC Mobil Taman Galaxy
(Salim / Shierly)
Telp. 021-820-3160 / 021-820-3171 / 021-9651-3489 / 0878-77-57-97-07
Jalan Taman Galaxy Raya Blok B Nomor 12 B - Bekasi Selatan
------------------------------------------------------
BANDUNG
Tunas MP - Bandung (Official BMW / beres)
Jl. Wastukencana 11 (samping balaikota)
Aep BMW
Jl. Waas no.6 (Batununggal)
08122308498 (Pa Aep)
DJ Motor (German & Euro Car Specialist)
Jl. Baladewa no.3 (Pajajaran dekat Lanud Hussein)
022.6041581
0813.204.206.93 (Pa Madi)
Bintang Jaya Makmur (salah satu yang peralatannya paling lengkap setelah be-res, ini salah satu bengkel specialist BMW yang awal-awal di bandung, sodaraan ama yg punya bengkel specialist Mercy di seberangnya)
Jln. Veteran no.64
022.423.9264
Holspec
Jl. Burangrang (Hook perempatan Lodaya)
022.7080.5370
0818.205520 (Oom Bob)
BMW M-Tech
Jl. M.Ramdhan no.90
022.5203380 (chief mekanik: Arifin)
ABC Motor / BMW Pajajaran
Jl. Pajajaran no.16
022.426.5577
0812.143.0918 (Chief mk: Agus)
Milan Motor (Lebih dikenal sebagai penjual sparepart mobil2 eropa, kalo buat servis/maintenance belum ada yg ngasih input pengalaman di sini nih..)
Jln. Karapitan (seberangnya BABE)
Three-C- Martin
Jl. Tamansari depan no.36
022.4261077
0816.487.3920 (Martin)
Jl. Ciateul no.80
022.5211.074
Family Motor (macem2 mobil tapi paling jago di BMW, Mercy, dan Jeep/Chrysler, tapi ga jual sparepart)
Jln. Â Â (Komplek TNI-AU Husein Sastranegara, dekat SMU 9)
022.6020.691
0812.148.4567 (Pa Oyo)
RIZQ BMW CIMAHI letaknya di pertigaan PUSDIKPOM-Cimindi hujung
keluar tol Cimahi (Baros) belok kanan.
tlp: no tlp: 0821 2063 5540 / 0838 2066 4033
------------------------------------------------------
BOGOR
Sierra Mobil
BMW Specialist
Jl. Letna Natsir Ciangsana Raya No. 16
Cikeas - Nagrak, Gunung Putri Bogor
Tlp : 021 82498359
Montir :
Mas Yanto
------------------------------------------------------
YOGYAKARTA
Pak Yono
Alamat rumah: Kalo dari perempatan Jl. Magelang-Ringroad, ke arah selatan sampe ketemu gang di kiri (timur) jalan yang diapit persis sama ALFAMART dan INDOMARET (nama gangnya lupa). Rumahnya masuk ke gang situ.
Telpon: 0816 426 0756
Wisan Motor
Jl. Raya Krangkungan No. 15 Condongcatur, Yogyakarta. Pokoknya masuk aja arah terminal Condongcatur (jalan yang ada pohon beringin besar), ikuti jalan aja, nanti di sebelah kiri jalan ada papan nama gede tulisan Petronas, itu bengkelnya sebelah kiri jalan.
Telpon: Wibi-0811258538
OB motor
Jl. Parangtritis 158 (selatan spbu jogokaryan)
0818464807
0274-3007128
PIN BB: 2776E73
------------------------------------------------------
SURABAYA
OXXO Autoparts
BMW & Mercedez-Benz Specialist
Jln. Raya Diponegoro 210 B, Surabaya Pusat
031-5613198 (Head Mechanic : Iwan)
------------------------------------------------------
BALI
BALI KITA MOTOR
Jl. Gatot Subroto Timur no.234 - Topati
Denpasar 80239
Bali
0361-462922, 463646
------------------------------------------------------
PADANG
Warna Warni Motor
Jl. Sawahan 59 Padang - Sumatera Barat
Tlp. : 0751 29305
Fax : 0751 39006
email: wwcable@yahoo.com
Owner : Ir. Feri Ferdinal
Montir : banyak.... hehehe.. tp ada Syamsul disono...
------------------------------------------------------
PALEMBANG
ESSEN AUTOMOBIL
jl.masjid thoyyibah komplek garden katuk regency
kenten sukamaju,palembang-30164
telp : budi 081368201793 / 0711-9176369
ADI AUTOSERVICE
Jln. Brigjen H. Kasim No.17 Celentang
Palembang, Sumsel- 30114
Tlp : 0711-8407651, 081271407651 (Adi)
------------------------------------------------------
MEDAN
Makmur Agung Motor (MAM)
Specialist Mobil Eropa (BMW, Mercedes, Volvo)
Jl. Setia Budi 35/27 A
Telp. (061) 8215968 / 8217918
FAx. (061) 8223274
Medan
------------------------------------------------------
KALIMANTAN
Andalan Utama Motor
Jl. Mayjen Sutoyo S RT. 005 No. 267
Banjarmasin, Telp/Fax. 0511-3350738
SEKAWAN MOTOR (Parts Shop)
Jl.Jend A yani KM 1 no.34
telp.(0511-3268025)
Banjarmasin Kalimantan Selatan
List bengkel ini didapati dari pengguna thread ini, kalo ada tambahan silahkan hubungi saya, nanti saya update.
E30 Buyer's guide a la D_R
Tahun mobil di Indonesia: 1985-1991
ada 3 kategori untuk E30 M40.
1. Kondisi bahan: kalau kondisinya jelek, bodinya kropos2, mesin bermasalah (oli bocor, geter, bunyi TEK TEK), interior jelek, kaki-kaki kacau, rem bocor. itu bisa dihargain 18jt-23.5 jt... seperti mobil gua dulunya.hehehe... jgn pernah beli mobil bahan diatas 23.5 jt, sebab itu buang2 duit saja...
kondisi bahan biasanya buat orang yang suka restorasi ulang atau pengen ngerjain perbaikan sendiri.
2. Kondisi bagus (maintained): bodinya masih bagus, mesin halus, dan interior original (minimum mulus lah), kaki-kaki normal, harganya bisa 33-38.5jt. diatas harga ini, jgn diterima, kecuali masuk dalam kategori yang akan gua tulis dibawah ini.
ini kondisi optimal E30 M40 pada umumnya, tinggal pakai dan diganti oli sama tune up saja.
3. Kondisi kolektor: bodi dan cat masih kinclong, mesin sangaaaat halus dan kering (gak ada oli bocor/masalah radiator dan AC), interior FULL original, kaki2 masih agak keras, relay2 di fusebox masih original dan gak ada akal2an. itu harganya bisa 39.5-47 jt. diatas harga ini, sama sekali jgn diterima, sebab kalau udah masuk rentang harga 50jt, itu udah daerah E36 M40 dengan kondisi lumayan bagus...
satu lagi extra, adalah kategori SPESIAL, yaitu untuk E30 yang pake mesin M20, atau S14.. rentang harganya bisa mulai dari 38jt untuk M20 bahan, sampai 150jt/200jt untuk M3 original (tergantung versi dan taun)...hehe
nah untuk rentang harga diantara kategori2 diatas itu namanya kategori transisi, yang artinya bisa aja ada salah satu komponen yang jelek, misalnya di mobil dengan harga 27jt, elo bisa dapet mobil yang semuanya bagus, kecuali radiator yang suka bocor dan mesin yang bocor oli... ini yang dialamin temen gua...
untuk masalah harga parts itu murah sekali, selama beli partsnya nggak di bengkel resmi seperti BMW Astra atau Tunas BMW. parts2 E30 itu gampang ditemuin di Duta mas Fatmawati, BTC, dan BSDTC, dan TC TC otomotif lainnya..hehe
masalah utama pada E30 adalah pada kaki2, sebelum elo mengambil keputusan, ada baiknya cek dulu kaki2, kaki2 bukannya gampang rusak, tapi suka diganti asal2an sama orang yang gak ngerti dan juga elektris seperti Power window. Power window di E30 itu suka bermasalah di pintu belakang.
selain itu nggak ada masalah lagi, kecuali masalah normal untuk mobil tua, yaitu Blower, evap, dan kompressor AC yang kotor, radiator yang agak mampet, visco fan yang udah tua, itu semua masalah gampang...
sebelum beli, tanya sama orangnya dan minta bukti bahwa timing belt sudah diganti, dan juga transmisi sama gardan suka dirawat... dan yang paling penting, cek dek bawah, kalo ada yang keropos, jgn dibeli, kecuali memang sengaja mau restorasi...
satu lagi yang harus wajib kudu mesti diinget, jgn sekali-kali benerin sesuatu dengan diakalin, sebab mobil BMW itu adalah sebuah bentuk seni yang kalo udah dirusak, nggak enak dan enggak pas lagi untuk dibawa nyetir...
E30 - True Definition of Ultimate Driving Machine
--------------------------------------------------------------------
E46 Buyer's guide a la D_R
Untuk E46, BMW mengadopsi sistem fabrikasi aluminium pada kaki2nya, maka patut dicek sebelum membeli; kebanyakan orang di Indonesia pada sok tahu dan bodoh, apalagi didukung dengan beberapa bengkel yang tidak bertanggung jawab yang mengatakan bahwa kaki2nya dapat diakalin dengan ini itu, demi kecepatan servis dan pemakaian kembali. Tentunya yang didapat kemudian adalah seringnya pengguna BMW bolak-balik bengkel karena akal2an yang tadi itu rusak2 melulu, alhasil banyaklah orang2 yang bilang "ah BMW rewel, jangan beli, busuk tuh, mobil taun muda masa rusak mulu!" padahal penggunanya aja yang bego servisnya, mau seenak udelnya dan mengutamakan gengsi saja.
Dengan menggunakan aluminium ini, rata2 pengguna E46 lebih sering kontrol kaki2 dari pada seri2 E30,E34, dan E36. Tetapi walaupun demikian, itu bukan berarti bisa patah ato rusak, namun hanya lebih cepat sedikit aus bushing2nya dari seri2 sebelumnya. Karena yang kita ketahui sendiri, jalanan di Indonesia itu BAGUS BAGUS sekali. Bantingan shock untuk semua mobil BMW itu memang agak keras, karena diperuntukkan untuk cruising jalan tol dengan kecepatan tinggi, Shock standarnya adalah BILSTEIN.
Untuk mesin, taun 2000-2002 E46 318i bermesin M43 itu sebenarnya 1900cc 4 silinder, dan mengeluarkan power 120HP sedangkan yang tahun 2002 akhir - 2004 menggunakan mesin N42 (khusus utk 2004 akhir pakai mesin N46) dengan power 143hp. M43 Mesinnya halus dan sparepartnya banyak sekali, mesin ini lebih tahan banting dari N42 (E46 facelift 318i 2.0). Mobil ini pantas untuk situasi Stop-N-Go, dan bisa juga lari2 di Jalan Tol dengan nyaman, cuman akelerasi tidak sebagus kakak2nya yang mengusung mesin 2300 dan 2500cc 6 silinder M52 dan M54.
Segi Interior E46 berkualitas tinggi, lebih bagus dan lega dari seri sebelumnya tapi lebih Less Driver Oriented. Namun, beberapa enthusiasts baik dari dalam dan luar negeri mengatakan kabinnya lebih baik daripada generasi E90 atau E60 yaitu seri 3 dan 5 yang sering kita liat skrg (yg bentuknya kayak burung kolibri), dan dalam hal ini saya setuju.
Untuk harga spare part, sekarang ini semua parts mobil Eropa maupun Jepang sedang mengalami kenaikan harga. Untuk parts2 E46 harganya tidak lebih mahal dari mobil2 Jepang sekelasnya, bahkan dalam beberapa hal lebih murah. Untuk kaki2 set komplit depan blakang, termasuk shock dan bushing2, itu tidak lebih dari 5-6jt.
Jadi, untuk membeli mobil ini yang perlu elo cek adalah:
1. Pastikan kaki2 sehat walafiat, bukan BMW namanya kalo kaki2nya jelek ato pake barang obralan.
2. Pastikan mesin tidak bocor oli dari cover klepnya, kalo bocor harus ganti paking cover klep seharga gak lebih dari 125rb (incl. Jasa).
3. Liat pernak-pernik interior seperti lampu kabin, konsol tengah dan tombol2, pastikan tidak begitu lecet, karena bahannya tidak bisa ditemukan di bengkel2 interior tanah air.
4. Transmisi steptronicnya tidak kurang oli dan tidak menendang kasar sewaktu di tes.
5. Tes mobil ini di tol dan kebut sampai 160kmh, kalo masih enteng dan temperatur tidak naik, berarti mobilnya sehat. Kalo ownernya tidak mau di tes seperti itu, jangan dibeli mobilnya.
untuk bengkel gua selalu langganan di Auto Gemilang, Jl. Pangeran Antasari, Jaksel.
--------------------------------------------------------------------
E38 Buyer's guide a la D_R
E38 Seri 7 1994-2001
hal yang perlu diperhatiin adalah:
1. shockbreaker. E38 terkenal shocknya mahal, untuk depan+belakang bisa kena sekitar +-30jt. untungnya shocknya nggak gampang rusak. dan harganya worth it untuk handling dan ridenya.
2. interior. bagian interior yang harus diperhatikan adalah karpet, plafon, jok, dan dashboard. perhatikan khususnya di plafon, banyak E38 di Indonesia yang plafonnya suka turun, karena lemnya gak kuat atau udah lemes karena panas. benerinnya tinggal di lem ulang atau dilapis ulang dengan bahan dan warna yang sama.
3. transmisi matik. di cek apakah ada hentakan atau tidak ketika di tes jalan. kalau ada hentakan setiap ganti gigi berarti ada masalah sama matiknya.
selain itu gak ada masalah berarti di seri 7 ini.
mobil ini enak sekali dan walaupun bentuknya bongsor dan gede, enak sekali buat ngebut dan diajak belok, dan juga perjalanan jarak jauh gak kerasa naik mobil ini.
gua berani saranin elo untuk ambil mobil ini, asalkan ada dana yang cukup untuk maintenancenya. seri 7 E38 modelnya kekal dan gak ngebosenin kayak E65. E65 walaupun dalemnya lebih gede dan nyaman tapi gak se berkarakter E38.
jelas, kalau untuk mobil ini bensin minimal pertamax gak ada cerita pake premium + octane booster untuk mobil ini, demi ngejaga kehormatan yang punya dan juga mobilnya. konsumsi bensin masih masuk akal, sekitar 1:8 - 1:5
mobil ini gak begitu enak untuk jalanan sehari-hari kota, tapi teramat sangat amat super enak untuk jarak jauh dan pergi ke pesta.
perhatikan bahwa acnya masih dingin bahkan di terik matahari, ini penting karena seri 7 ini acnya elektronik (kykny ada yang analog jg ya)
goodluck!
Quote:
Originally Posted by kuchi
VANOS
Mesin jaman dulu di bikin ada 2 pilihan, bikin power di rpm tinggi ato torsi di rpm rendah. Bmw jaman dulu powernya antara 4500 rpm-6000 rpm.
vanos itu suatu sistem mekanisme yg bisa merubah durasi dan tingginya pembukaan klep di head mesin. Klep ( valve) bisa buka /naik krn benjolan (lobe) dr camshaft berputar dan mendorong klep. Bentuk (profile) benjolan (lobe) dr camshaft bisa menentukan tenaga yg dihasilkan mesin pd rpm yg berbedabeda
Vanos itu yg di M50 hanya satu untuk intake camshaft. cara kerjanya , oli didalam sistem vanos menyodok camshaft pada rpm tertentu utk memilih benjolan yg mana yg akan menyodok klep/valve.
Kalo banyak yg merasa tenaga lemah dibawah 3000 rpm,bensin boros, idle agak sendatsendut, itu vanosnya ada problem. Banyak vanos gak berfungsi di mesin m50 dan m52 di Amrik
problemnya: didalam vanos, ada piston yg mendorong/ menyodok camshaft. piston bisa bergerak krn didorong oleh oli dlm vanos
o-ring dr sealing nya piston dalam vanos rusak, makanya canos tak berfungsi
Tahun mobil di Indonesia: 1985-1991
ada 3 kategori untuk E30 M40.
1. Kondisi bahan: kalau kondisinya jelek, bodinya kropos2, mesin bermasalah (oli bocor, geter, bunyi TEK TEK), interior jelek, kaki-kaki kacau, rem bocor. itu bisa dihargain 18jt-23.5 jt... seperti mobil gua dulunya.hehehe... jgn pernah beli mobil bahan diatas 23.5 jt, sebab itu buang2 duit saja...
kondisi bahan biasanya buat orang yang suka restorasi ulang atau pengen ngerjain perbaikan sendiri.
2. Kondisi bagus (maintained): bodinya masih bagus, mesin halus, dan interior original (minimum mulus lah), kaki-kaki normal, harganya bisa 33-38.5jt. diatas harga ini, jgn diterima, kecuali masuk dalam kategori yang akan gua tulis dibawah ini.
ini kondisi optimal E30 M40 pada umumnya, tinggal pakai dan diganti oli sama tune up saja.
3. Kondisi kolektor: bodi dan cat masih kinclong, mesin sangaaaat halus dan kering (gak ada oli bocor/masalah radiator dan AC), interior FULL original, kaki2 masih agak keras, relay2 di fusebox masih original dan gak ada akal2an. itu harganya bisa 39.5-47 jt. diatas harga ini, sama sekali jgn diterima, sebab kalau udah masuk rentang harga 50jt, itu udah daerah E36 M40 dengan kondisi lumayan bagus...
satu lagi extra, adalah kategori SPESIAL, yaitu untuk E30 yang pake mesin M20, atau S14.. rentang harganya bisa mulai dari 38jt untuk M20 bahan, sampai 150jt/200jt untuk M3 original (tergantung versi dan taun)...hehe
nah untuk rentang harga diantara kategori2 diatas itu namanya kategori transisi, yang artinya bisa aja ada salah satu komponen yang jelek, misalnya di mobil dengan harga 27jt, elo bisa dapet mobil yang semuanya bagus, kecuali radiator yang suka bocor dan mesin yang bocor oli... ini yang dialamin temen gua...
untuk masalah harga parts itu murah sekali, selama beli partsnya nggak di bengkel resmi seperti BMW Astra atau Tunas BMW. parts2 E30 itu gampang ditemuin di Duta mas Fatmawati, BTC, dan BSDTC, dan TC TC otomotif lainnya..hehe
masalah utama pada E30 adalah pada kaki2, sebelum elo mengambil keputusan, ada baiknya cek dulu kaki2, kaki2 bukannya gampang rusak, tapi suka diganti asal2an sama orang yang gak ngerti dan juga elektris seperti Power window. Power window di E30 itu suka bermasalah di pintu belakang.
selain itu nggak ada masalah lagi, kecuali masalah normal untuk mobil tua, yaitu Blower, evap, dan kompressor AC yang kotor, radiator yang agak mampet, visco fan yang udah tua, itu semua masalah gampang...
sebelum beli, tanya sama orangnya dan minta bukti bahwa timing belt sudah diganti, dan juga transmisi sama gardan suka dirawat... dan yang paling penting, cek dek bawah, kalo ada yang keropos, jgn dibeli, kecuali memang sengaja mau restorasi...
satu lagi yang harus wajib kudu mesti diinget, jgn sekali-kali benerin sesuatu dengan diakalin, sebab mobil BMW itu adalah sebuah bentuk seni yang kalo udah dirusak, nggak enak dan enggak pas lagi untuk dibawa nyetir...
E30 - True Definition of Ultimate Driving Machine
--------------------------------------------------------------------
E46 Buyer's guide a la D_R
Untuk E46, BMW mengadopsi sistem fabrikasi aluminium pada kaki2nya, maka patut dicek sebelum membeli; kebanyakan orang di Indonesia pada sok tahu dan bodoh, apalagi didukung dengan beberapa bengkel yang tidak bertanggung jawab yang mengatakan bahwa kaki2nya dapat diakalin dengan ini itu, demi kecepatan servis dan pemakaian kembali. Tentunya yang didapat kemudian adalah seringnya pengguna BMW bolak-balik bengkel karena akal2an yang tadi itu rusak2 melulu, alhasil banyaklah orang2 yang bilang "ah BMW rewel, jangan beli, busuk tuh, mobil taun muda masa rusak mulu!" padahal penggunanya aja yang bego servisnya, mau seenak udelnya dan mengutamakan gengsi saja.
Dengan menggunakan aluminium ini, rata2 pengguna E46 lebih sering kontrol kaki2 dari pada seri2 E30,E34, dan E36. Tetapi walaupun demikian, itu bukan berarti bisa patah ato rusak, namun hanya lebih cepat sedikit aus bushing2nya dari seri2 sebelumnya. Karena yang kita ketahui sendiri, jalanan di Indonesia itu BAGUS BAGUS sekali. Bantingan shock untuk semua mobil BMW itu memang agak keras, karena diperuntukkan untuk cruising jalan tol dengan kecepatan tinggi, Shock standarnya adalah BILSTEIN.
Untuk mesin, taun 2000-2002 E46 318i bermesin M43 itu sebenarnya 1900cc 4 silinder, dan mengeluarkan power 120HP sedangkan yang tahun 2002 akhir - 2004 menggunakan mesin N42 (khusus utk 2004 akhir pakai mesin N46) dengan power 143hp. M43 Mesinnya halus dan sparepartnya banyak sekali, mesin ini lebih tahan banting dari N42 (E46 facelift 318i 2.0). Mobil ini pantas untuk situasi Stop-N-Go, dan bisa juga lari2 di Jalan Tol dengan nyaman, cuman akelerasi tidak sebagus kakak2nya yang mengusung mesin 2300 dan 2500cc 6 silinder M52 dan M54.
Segi Interior E46 berkualitas tinggi, lebih bagus dan lega dari seri sebelumnya tapi lebih Less Driver Oriented. Namun, beberapa enthusiasts baik dari dalam dan luar negeri mengatakan kabinnya lebih baik daripada generasi E90 atau E60 yaitu seri 3 dan 5 yang sering kita liat skrg (yg bentuknya kayak burung kolibri), dan dalam hal ini saya setuju.
Untuk harga spare part, sekarang ini semua parts mobil Eropa maupun Jepang sedang mengalami kenaikan harga. Untuk parts2 E46 harganya tidak lebih mahal dari mobil2 Jepang sekelasnya, bahkan dalam beberapa hal lebih murah. Untuk kaki2 set komplit depan blakang, termasuk shock dan bushing2, itu tidak lebih dari 5-6jt.
Jadi, untuk membeli mobil ini yang perlu elo cek adalah:
1. Pastikan kaki2 sehat walafiat, bukan BMW namanya kalo kaki2nya jelek ato pake barang obralan.
2. Pastikan mesin tidak bocor oli dari cover klepnya, kalo bocor harus ganti paking cover klep seharga gak lebih dari 125rb (incl. Jasa).
3. Liat pernak-pernik interior seperti lampu kabin, konsol tengah dan tombol2, pastikan tidak begitu lecet, karena bahannya tidak bisa ditemukan di bengkel2 interior tanah air.
4. Transmisi steptronicnya tidak kurang oli dan tidak menendang kasar sewaktu di tes.
5. Tes mobil ini di tol dan kebut sampai 160kmh, kalo masih enteng dan temperatur tidak naik, berarti mobilnya sehat. Kalo ownernya tidak mau di tes seperti itu, jangan dibeli mobilnya.
untuk bengkel gua selalu langganan di Auto Gemilang, Jl. Pangeran Antasari, Jaksel.
--------------------------------------------------------------------
E38 Buyer's guide a la D_R
E38 Seri 7 1994-2001
hal yang perlu diperhatiin adalah:
1. shockbreaker. E38 terkenal shocknya mahal, untuk depan+belakang bisa kena sekitar +-30jt. untungnya shocknya nggak gampang rusak. dan harganya worth it untuk handling dan ridenya.
2. interior. bagian interior yang harus diperhatikan adalah karpet, plafon, jok, dan dashboard. perhatikan khususnya di plafon, banyak E38 di Indonesia yang plafonnya suka turun, karena lemnya gak kuat atau udah lemes karena panas. benerinnya tinggal di lem ulang atau dilapis ulang dengan bahan dan warna yang sama.
3. transmisi matik. di cek apakah ada hentakan atau tidak ketika di tes jalan. kalau ada hentakan setiap ganti gigi berarti ada masalah sama matiknya.
selain itu gak ada masalah berarti di seri 7 ini.
mobil ini enak sekali dan walaupun bentuknya bongsor dan gede, enak sekali buat ngebut dan diajak belok, dan juga perjalanan jarak jauh gak kerasa naik mobil ini.
gua berani saranin elo untuk ambil mobil ini, asalkan ada dana yang cukup untuk maintenancenya. seri 7 E38 modelnya kekal dan gak ngebosenin kayak E65. E65 walaupun dalemnya lebih gede dan nyaman tapi gak se berkarakter E38.
jelas, kalau untuk mobil ini bensin minimal pertamax gak ada cerita pake premium + octane booster untuk mobil ini, demi ngejaga kehormatan yang punya dan juga mobilnya. konsumsi bensin masih masuk akal, sekitar 1:8 - 1:5
mobil ini gak begitu enak untuk jalanan sehari-hari kota, tapi teramat sangat amat super enak untuk jarak jauh dan pergi ke pesta.
perhatikan bahwa acnya masih dingin bahkan di terik matahari, ini penting karena seri 7 ini acnya elektronik (kykny ada yang analog jg ya)
goodluck!
Quote:
Originally Posted by kuchi
VANOS
Mesin jaman dulu di bikin ada 2 pilihan, bikin power di rpm tinggi ato torsi di rpm rendah. Bmw jaman dulu powernya antara 4500 rpm-6000 rpm.
vanos itu suatu sistem mekanisme yg bisa merubah durasi dan tingginya pembukaan klep di head mesin. Klep ( valve) bisa buka /naik krn benjolan (lobe) dr camshaft berputar dan mendorong klep. Bentuk (profile) benjolan (lobe) dr camshaft bisa menentukan tenaga yg dihasilkan mesin pd rpm yg berbedabeda
Vanos itu yg di M50 hanya satu untuk intake camshaft. cara kerjanya , oli didalam sistem vanos menyodok camshaft pada rpm tertentu utk memilih benjolan yg mana yg akan menyodok klep/valve.
Kalo banyak yg merasa tenaga lemah dibawah 3000 rpm,bensin boros, idle agak sendatsendut, itu vanosnya ada problem. Banyak vanos gak berfungsi di mesin m50 dan m52 di Amrik
problemnya: didalam vanos, ada piston yg mendorong/ menyodok camshaft. piston bisa bergerak krn didorong oleh oli dlm vanos
o-ring dr sealing nya piston dalam vanos rusak, makanya canos tak berfungsi
buat yg mau liat daftar nama dan kode warna yg pernah dikeluarkan BMW bisa kesini
klo mau liat velg2 OEM BMW thn 94 ada brosurnya disini
klo mau liat velg2 OEM BMW thn 94 ada brosurnya disini
Daftar mesin BMW (with Picture!)
Kalau ada yang bingung mesin BMWnya yang mana, bisa lihat daftar ini:
Mesin 4 Silinder
Spoilerfor 4silinder:
8 Valve 4 Cylinders
BMW M10 Karburator
BMW M10 Jetronic Injection
BMW M40
BMW M43
*bedanya M40 dan M43 adalah pada intake dan koil
16 Valve 4 Cylinders
BMW M42
BMW M44
*bedanya M42 dan M44 adalah pada intake
BMW N42
BMW N46
Mesin 6 Silinder
Spoilerfor 6silinder:
12 Valve 6 Cylinders
BMW M20 ÂSmall SixÂ
BMW M30 ÂBig SixÂ
Generation 2
Generation 3
24 Valve 6 Cylinders
BMW M50 Non Vanos
BMW M50 Vanos
*bedanya M50 Vanos dan Non-Vanos ada di jendolan head dekat radiator
BMW M52TUB Single and Dual Vanos
BMW M54 Dual Vanos
*M54 adalah mesin pembaharuan dari M52, dengan menggunakan Alusil (Aluminium) sedangkan M52 adalah menggunakan Nikasil (Nickel)
BMW N52 Valvetronic & Dual Vanos
BMW N53 Dual Vanos Direct Injection
*Bedanya N52 dan N53 adalah pada N53 menggunakan teknologi Direct Injection, tetapi tidak punya Valvetronic. Sedangkan N52 mempunyai Valvetronic. N53 tidak masuk pasaran Amerika dan Australia.
BMW N54 Twin Turbo
BMW N55 Turbo & Valvetronic & Direct Injection
*Bedanya N54 dan N55 adalah pada turbonya. N54 Twin Turbo dan N55 Single turbo walaupun di namakan TwinPower oleh BMW. Dan N55 menggunakan Valvetronic sementara N54 tidak.
Mesin 8 Silinder
Spoilerfor 8silinder:
32 Valve 8 Cylinders
BMW M60
BMW M62
BMW M62TUB
*bedanya M62 dan M62TUB adalah pada M62TUB sudah Vanos, head dan cover mesin juga lebih panjang
**cara membedakan M62 dengan M60 adalah pada colokan positif aki. Pada M60 tidak ada colokan positif aki di head.
BMW N62
BMW N63 Twin Turbo
Mesin 12 Silinder
Spoilerfor 12silinder:
24 Valve 12 Cylinders
BMW M70
BMW M73
*Bedanya M70 dan M73 adalah M70 masih menggunakan AFM, dan M73 sudah MAF
48 Valve 12 Cylinders
BMW N73 Valvetronic
BMW N74 Twin Turbo, Dual Vanos & Valvetronic
Mesin 16 Silinder
Spoilerfor 16silinder:
BMW Goldfish
Mesin V16 BMW pertama dan tidak akan diproduksi oleh BMW. Dibuat hanya untuk Âlatihan teknik insinyur BMW.
24 Valve 16 Cylinders
Compression ratio 8.8:1 (sama dengan M40)
Tenaga maksimum 408Hp dengan torsi 637Nm
Berat: 310Kg
Mesin M Series
Spoilerfor MforMotorsport:
BMW S14
Untuk BMW E30 M3
4 Silinder, 2.3L-2.5L, 192-235HP
BMW S38
Untuk BMW E23 745i, E24 M6, E28 M5, E34 M5, E26 M1
6 Silinder, 3.5L-3.8L, 272-335HP
BMW S50,52,54
Untuk BMW E36 M3, E46 M3, Z3M, Z4M
6 Silinder S50: 3.2L, 316HP (Semua negara kecuali US), S52: 3.2L, 240HP (hanya ada di US) S54: 3.2L, 315-355HP
S50
S54
*S50 dan S52 adalah mesin saudaraan, khusus S52 adalah versi low-power dari S50 yang hanya ada di US karena peraturan emisi disana. Di luar US, yang dipakai adalah mesin S50.
BMW S62
Untuk E39 M5 dan Z8
8 Silinder, 4.9L, 400HP
BMW S65
Untuk E90/92/93 M3
8 Silinder, 4L, 426HP
BMW S85
Untuk E60 M5, E63/64 M6
10 Silinder, 5L, 500HP
BMW S70
Untuk E31 850Csi, E31 M8 Prototype, Mclaren F1, dan Mclaren F1 GTR
12 Silinder, 5.6-6L, 380-680HP
Kalau ada yang bingung mesin BMWnya yang mana, bisa lihat daftar ini:
Mesin 4 Silinder
Spoilerfor 4silinder:
8 Valve 4 Cylinders
BMW M10 Karburator
BMW M10 Jetronic Injection
BMW M40
BMW M43
*bedanya M40 dan M43 adalah pada intake dan koil
16 Valve 4 Cylinders
BMW M42
BMW M44
*bedanya M42 dan M44 adalah pada intake
BMW N42
BMW N46
Mesin 6 Silinder
Spoilerfor 6silinder:
12 Valve 6 Cylinders
BMW M20 ÂSmall SixÂ
BMW M30 ÂBig SixÂ
Generation 2
Generation 3
24 Valve 6 Cylinders
BMW M50 Non Vanos
BMW M50 Vanos
*bedanya M50 Vanos dan Non-Vanos ada di jendolan head dekat radiator
BMW M52TUB Single and Dual Vanos
BMW M54 Dual Vanos
*M54 adalah mesin pembaharuan dari M52, dengan menggunakan Alusil (Aluminium) sedangkan M52 adalah menggunakan Nikasil (Nickel)
BMW N52 Valvetronic & Dual Vanos
BMW N53 Dual Vanos Direct Injection
*Bedanya N52 dan N53 adalah pada N53 menggunakan teknologi Direct Injection, tetapi tidak punya Valvetronic. Sedangkan N52 mempunyai Valvetronic. N53 tidak masuk pasaran Amerika dan Australia.
BMW N54 Twin Turbo
BMW N55 Turbo & Valvetronic & Direct Injection
*Bedanya N54 dan N55 adalah pada turbonya. N54 Twin Turbo dan N55 Single turbo walaupun di namakan TwinPower oleh BMW. Dan N55 menggunakan Valvetronic sementara N54 tidak.
Mesin 8 Silinder
Spoilerfor 8silinder:
32 Valve 8 Cylinders
BMW M60
BMW M62
BMW M62TUB
*bedanya M62 dan M62TUB adalah pada M62TUB sudah Vanos, head dan cover mesin juga lebih panjang
**cara membedakan M62 dengan M60 adalah pada colokan positif aki. Pada M60 tidak ada colokan positif aki di head.
BMW N62
BMW N63 Twin Turbo
Mesin 12 Silinder
Spoilerfor 12silinder:
24 Valve 12 Cylinders
BMW M70
BMW M73
*Bedanya M70 dan M73 adalah M70 masih menggunakan AFM, dan M73 sudah MAF
48 Valve 12 Cylinders
BMW N73 Valvetronic
BMW N74 Twin Turbo, Dual Vanos & Valvetronic
Mesin 16 Silinder
Spoilerfor 16silinder:
BMW Goldfish
Mesin V16 BMW pertama dan tidak akan diproduksi oleh BMW. Dibuat hanya untuk Âlatihan teknik insinyur BMW.
24 Valve 16 Cylinders
Compression ratio 8.8:1 (sama dengan M40)
Tenaga maksimum 408Hp dengan torsi 637Nm
Berat: 310Kg
Mesin M Series
Spoilerfor MforMotorsport:
BMW S14
Untuk BMW E30 M3
4 Silinder, 2.3L-2.5L, 192-235HP
BMW S38
Untuk BMW E23 745i, E24 M6, E28 M5, E34 M5, E26 M1
6 Silinder, 3.5L-3.8L, 272-335HP
BMW S50,52,54
Untuk BMW E36 M3, E46 M3, Z3M, Z4M
6 Silinder S50: 3.2L, 316HP (Semua negara kecuali US), S52: 3.2L, 240HP (hanya ada di US) S54: 3.2L, 315-355HP
S50
S54
*S50 dan S52 adalah mesin saudaraan, khusus S52 adalah versi low-power dari S50 yang hanya ada di US karena peraturan emisi disana. Di luar US, yang dipakai adalah mesin S50.
BMW S62
Untuk E39 M5 dan Z8
8 Silinder, 4.9L, 400HP
BMW S65
Untuk E90/92/93 M3
8 Silinder, 4L, 426HP
BMW S85
Untuk E60 M5, E63/64 M6
10 Silinder, 5L, 500HP
BMW S70
Untuk E31 850Csi, E31 M8 Prototype, Mclaren F1, dan Mclaren F1 GTR
12 Silinder, 5.6-6L, 380-680HP
BMW Model Guide
BMW 3 Series
Spoilerfor 3er:
BMW 2002 Â The one that started it all
Spoilerfor 2002:
Nenek moyang seri 3
BMW E21 Â The first 3er
Spoilerfor E21:
Exterior
Interior
BMW E30 Â The Legendary Bimmer
Spoilerfor E30:
Exterior
Interior
BMW E36 Â Best Handling 3er
Spoilerfor E36:
Exterior
Interior
BMW E46 Â Faster is Better
Spoilerfor E46:
Exterior
Interior
BMW E90 Â Crazy as ever
Spoilerfor E90:
Exterior
Interior
Joy is Youthful
BMW 5 Series
Spoilerfor 5er:
BMW 2000 Â The father of 5er
Spoilerfor 2000:
BMW E12 Â New class refinement
Spoilerfor E12:
Exterior
Interior
BMW E28 Â Wolf in sheepÂs clothing
Spoilerfor E28:
Exterior
Interior
BMW E34 Â Designed to eat the miles
Spoilerfor E34:
Exterior
Interior
BMW E39 Â 99.9% Fun
Spoilerfor E39:
Exterior
Interior
BMW E60 Â Civilized Brutality
Spoilerfor E60:
Exterior
Interior
BMW F10 Â No one does it better
Spoilerfor F10:
Exterior
Interior
Joy is Liberating
BMW 6 Series
Spoilerfor 6er:
BMW E24 Â Monte Carlo has arrived
Spoilerfor E24:
Exterior
Interior
BMW E63/E64 Â Big, Badass, Joy.
Spoilerfor E63:
Exterior
Interior
Joy is Unstoppable
BMW 7 Series
Spoilerfor 7er:
BMW E3 Â The father of flagship
Spoilerfor E3:
Exterior
BMW E23 Â Shark among whales
Spoilerfor E23:
Exterior
Interior
BMW E32 Â Flying without wings
Spoilerfor E32:
Exterior
Interior
BMW E38 Â Most awesome 7er (rockets not included)
Spoilerfor E38:
Exterior
Interior
BMW E65/E66  Aircraft Carrier on wheels . Only MUCH faster
Spoilerfor E65:
Exterior
Interior
BMW F01 Â Most powerful, luxurious 7er ever
Spoilerfor F01:
Exterior
Interior
Joy knows no form
BMW 8 Series
Spoilerfor 8er:
BMW E31 Â BMW Supercar
Spoilerfor E31:
Exterior
Interior
Joy is Power
Coming soon! X series, 1 Series, and ///M Series. [/SIZE]
Huhuhuhu baru kali ini ikur perburuan pekiwan, deg2an sambil cengar cengir
Kenalin, BemBem E34 520i M50B20 '95
Spoilerfor BemBem:
BMW E34 Tahun 95, 520i facelift ke 530i + Hella Smoke Taillight feat. BBS RC 8,5 x 10. Mohon masukannya
Enjoy!
Update!
Hamann PG 2 19" 8.5 / 10 + Toyo Tires Fr 245/35/19 - Rr 275/30/19 + Eibach Pro Kit Spring
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Video BUCKS Bimmerfest 2011
[/CENTER][/B]
Kenalin, BemBem E34 520i M50B20 '95
Spoilerfor BemBem:
BMW E34 Tahun 95, 520i facelift ke 530i + Hella Smoke Taillight feat. BBS RC 8,5 x 10. Mohon masukannya
Enjoy!
Update!
Hamann PG 2 19" 8.5 / 10 + Toyo Tires Fr 245/35/19 - Rr 275/30/19 + Eibach Pro Kit Spring
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Uploaded with ImageShack.us
Video BUCKS Bimmerfest 2011
[/CENTER][/B]
Quote:Original Posted By adyana âº
Dear All,
BUCKS telah menerima undangan resmi dari BMW CCI (attached) untuk menghadiri event Bimmerfest 2012 yg akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu, 24 November 2012
Tempat : Orchard Walk. Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor, Jawa Barat
Kami mengharapkan kehadiran member BUCKS dalam event ini, yg direncakan juga akan sekaligus menjadi ajang temu kenal, temu kangen dan bersilaturahmi antara anggota BUCKS.
MAMI BUCKS akan mengkoordinasi rekan2 dari luar kota yg ingin dan berkesempatan hadir, kami mohon konfirmasi dengan menuliskan nama/user ID confirmasi di trit BUCKS : http://www.kaskus.co.id/thread/00000...873/bmw-mania/
Konfirmasi juga bisa dilakukan dengan mereply email ini dan melanjutkan list dari nama2 member dibawah dengan format (KaskusID/Nama):
Konfirmasi buat yang akan hader ke:
1. Diablo_reaper/Dimas
2. Adyana/Arief -
3. Mirza_e34/Mirza -
4. ft2800/Cahyo -
5. Whitelabel/Dee-
6. Sgxnl/Dwi -
7. hmulya/Gage -
8. Densus88/Andri - *for bandung dan skitarnya !
Konfirmasi kehadiran akan kami tunggu sampai tgl 16 November 2012 sehingga bisa memberikan waktu kepada MAMI untuk melakukan koordinasi.
Untuk informasi lebih lanjut, akan kami email atau bisa dilihat di trit kaskus BMW Mania page 1.
Terima kasih atas perhatiannya dan kami tunggu konfirmasinya yah
MONGGO SILAHKAN SIAPA AJA YANG IKUT
LANGSUNG REPLAY DI BAWA H INI YA
jika memungkinkan akan di buatkan t-shirt biar seragam nantinya
silahkan buat yang akan datang bimmerfest dan pesen kaos di bawah ini formatnya
contoh :
4. ft2800 aka cahyo - M
daftarnya:
1. Diablo_reaper/Dimas
2. Adyana/Arief -XXL
3. Mirza_e34/Mirza
4. ft2800/Cahyo -M
5. Whitelabel/Dee
6. Sgxnl/Dwi -XL
7. hmulya/Gage
8. Densus88/Andri
9. blackatoz/henri
10. ibrahimobi
11. id K1dd5 aka sunboi aka mike
12. Ariezmasta ( salatiga )
-- L ( 4pcs )
--XL ( 1pcs )
--XXL ( 2pcs )-
13. eri_schummy / om sembalap
14. mooza / marcel - L
15. simba118/ SES - M
16.bercok/agus
17.Dragon28/ IF
18.Octa
19. Rafiraca
20. Anang Blek -M (2pcs)
21. andre_33 / andre
22. fonzie /alfons
23. indra yoza_X5_users
24. RXrobo / Adhit
25. anang-anangornamen
26. tekomerah/bwin
27. rguritno/rahmat
28. kampank/lukat
29. alimacan/ali
30. celebez/tamba
31. sikakus/lee
32. comenxchz
33. pjka / bagus
34. gun_lana
35. inline6 (nggak pesen kaos)
36. carlowolvie
37. kevin (VA)
38. macmac aka masmark
39. accprestige
40. anovyuri
41. pjka / bagus
42. kancut_terbang
43. chko/Chika
44. dhanihamilton/Dani
45. asiam13/ andika
46. smartking / rey
47. Rizky (Berkat Abadi ... E28)
48. ID: a6a6n6 / Admi
49. dede_bgr
50. raze3
51. antek2kompeni/DEF
52. ozc/Oscar
53. oboss/yungki
54. andikon/andiko
55. teman om Obi,
56. ...
silahkan di lanjutkan ,
dan harga t-shirt skitar 50ribu rupiah
for design:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
will be Update
mamapir
numpang absen di pekiwan yaaa
syaul..kalah cepet gw
syaul..kalah cepet gw
misi
—Pecinta azan Maghrib wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya™
—Pecinta azan Maghrib wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya™
post ini untuk info ultah BUcks ke 5
for info pokja Bucks
Pokja BUCKS
Quote:
1.adyana
2.andhika
3.anyo
4.dwi
5.gage
6.marcel
7.papanya naya
8.whitelabel aka dee aka bulu
9.ft2800 aka cahyo
rencana @ 4/17 november 2012
sounding sedikit bocoran ultah IIIBUCKS
Rencana ulang tahun BUCKS 4th - 17 November 2012
Lokasi: Rest Area Cibubur KM.9
Jam: 8 Pagi
Invitation: Internal only
Sponsor: Media, TRAC
Dana acara: penjualan t-shirt, stiker anniversary BUCKS, Patungan antar BUCKS
Acara ulang tahun ( masih dalam konsep ) :
1. Kontes mobil BUCKS ( masih dalam konsep )
2. Penyuluhan Safety Driving,
3. Sumbangan ke yang kurang mampu,
4. Games?
Entertainment: To be discussed
.
.
for info pokja Bucks
Pokja BUCKS
Quote:
1.adyana
2.andhika
3.anyo
4.dwi
5.gage
6.marcel
7.papanya naya
8.whitelabel aka dee aka bulu
9.ft2800 aka cahyo
rencana @ 4/17 november 2012
sounding sedikit bocoran ultah IIIBUCKS
Rencana ulang tahun BUCKS 4th - 17 November 2012
Lokasi: Rest Area Cibubur KM.9
Jam: 8 Pagi
Invitation: Internal only
Sponsor: Media, TRAC
Dana acara: penjualan t-shirt, stiker anniversary BUCKS, Patungan antar BUCKS
Acara ulang tahun ( masih dalam konsep ) :
1. Kontes mobil BUCKS ( masih dalam konsep )
2. Penyuluhan Safety Driving,
3. Sumbangan ke yang kurang mampu,
4. Games?
Entertainment: To be discussed
.
.
mampir
Quote:Original Posted By ft28OO âº
udah pindah juga ya
hahahaha
reservep ahh buat data bucks dan eventnya
om, kalo boleh ditaroin putu2 member ama bmw nya
Welcome to BUCKS world
di gembok dulu pejwan ya
............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar