Minggu, 30 Desember 2012

Bervegetarian Untuk Sehari


Bervegetarian Untuk Sehari

Bervegetarian Untuk Sehari 1

Meskipun perdebatan tentang bervegetarian tidak akan ada hentinya, ada pernyataan bahwa terdapat banyak sekali keuntungan dari segi kesehatan dengan pola makan vegetarian. Penelitian menunjukkan bahwa para vegan (sebutan bagi orang yang bervegetarian) memiliki risiko yang lebih kecil unntuk terjangkit penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, obesitas dan lainnya. Para vegan juga memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan pemakan daging. Anda tidak diharuskan membuang semua daging dalam kulkas Anda, tetapi jika Anda tertarik untuk menurunkan berat badan Anda dan juga mengurangi biaya makan Anda, bervegetarian sehari setiap minggunya dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini cara agar Anda bisa bervegetarian sehari dalam satu minggu.

Diet seimbang
Banyak jenis daging mengandung kadar lemak dan koleesterol yang sangat tinggi, tetapi juga kaya akan protein – sesuatu yang Anda perlukan untuk menghasilkan energi untuk melewati hari Anda sebagai seorang vegan. Untungnya, daging hanyalah salah satu dari beberapa jenis makanan yang mengandung protein. Produk susu dan telur juga kaya akan protein, begitu pula dengan kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, dan juga gandum. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan kaya protein setiap kali Anda makan. Selain itu, Anda perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang akan menjaga tubuh Anda dari kekurangan vitamin dan mineral. Untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi, konsumsi kacang-kacanganyang dikeringkan, polong-polongan, buah kering, serta sayur-sayuran hijau. Agar tubuh Anda menyerap zat besi dengan baik, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti tomat, brokoli, stroberi, jeruk, dan lemon. Kalsium juga harus menjadi bagian dari makanan Anda, dan bisa ditemukan pada sayur bayam, kubis, brokoli, dan makanan lainnya.

Mulailah dari hal kecil
Langkah awal Anda ketika Anda mencoba untuk bervegetarian untuk sehari adalah memilih hari yang tepat untuk bervegetarian. Sebaiknya jangan memilih hari dimana Anda berolahraga, dan hindari pula hari kerja yang biasanya lebih sibuk.

Jika Anda adalah seorang pecinta daging, piring Anda mungkin akan terlihat kosong tanpa sepotong ayam atau daging sapi di atasnya. Agar masa transisi Anda berjalan lancer, mulailah dengan mengkonsumsi daging vegetarian. Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan kacang-kacangan dan bumbu-bumbu ke dalam resep Anda. Anda akan memperoleh asupan protein yang cukup dan akan mengabaikan hilangnya daging dari piring Anda.

Pizza, spaghetti, dan lasagna juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengalihkan Anda dari daging. Misalnya, Anda mungkin menyukai pepperoni, tetapi mengingat kurang sehatnya daging olahan, Anda akan meninggalkannya. Sebaliknya, tambahkan jamur dan juga sayur-sayuran favorit Anda ke atas pizza. Sama halnya dengan spaghetti dan lasagna, menghilangkan daging dari makanan Anda berarti Anda bisa menambahkan lebih banyak bahan-bahan yang Anda sukai – dan dengan tambahan keju dan saus tomat, Anda akan dapat menikmati makanan Anda.


Setelah Anda terbiasa bervegetarian untuk sehari dalam seminggu, hal tersebut akan terasa semakin mudah, dan malah mungkin Anda bisa kembali berolahraga saat bervegetarian. Ingatlah, banyak atlit terkenal juga bervegetarian.

Rencanakan menu vegetarian Anda
Seperti halnya ketika Anda memantau apa yang Anda makan, kuncinya adalah untuk membuat rencana. Jika Anda tidak merencanakan apa yang akan Anda makan pada hari Anda bervegetarian, akan mudah sekali bagi Anda untuk menyerah dan kembali pada daging. Bagaimanapun jika Anda sudah membuat rencana sebelumnya, hal itu akan terasa mudah. Banyak website resep yang terkenal (Epicurious.com, AllRecipes.com) menyediakan ribuan pilihan makanan dari sayur-sayuran. Selain itu ada juga beberapa website yang memang didedikasikan untuk para vegan seperti VegWeb.com.

Berikut ini adalah beberapa pilihan yang tepat ketika Anda memutuskan bervegetarian untuk sehari

Sarapan
• Sandwich dengan telur goreng dan keju, disertai salad buah
• Oatmeal panas atau sereal dengan protein dan gula rendah, dengan tambahan buah kering
Makan siang
• Salad dengan sayur-sayuran dan buah-buahan (kiwi, stoberi), keju dan biji bunga matahari
• Sup kacang polong dengan kue beras
Makan malam
• Saus kacang hitam dengan roti Prancis dan mentega
• Sayuran tumis dengan saus wijen jahe (semakin beragam jenis sayuran yang Anda konsumsi akan semakin baik. Cobalah bok choi, paprika, jamur, jagung, kubis, dll)
Cemilan
• Keju lembut (tambahkan buah seperti stroberi dan kesemek agar lebih berisi)
• Kacang (jangan sampai melahap terlalu banyak karena kacang mengandung lemak yang tidak Anda perlukan)
• Buah kering (plum, apricot, kesemek, mangga)
• Telur rebus

Bervegetarian
Ingatlah : jika Anda menerima tantangan bervegetarian atas keinginan Anda sendiri, Anda harus menikmatinya. Jika Anda merasa tersiksa dan setiap “hari bervegetarian” terasa bagai perang, pertimbangkan lagi keputusan Anda. Rasa senang Anda juga akan datang ketika Anda menemukan cara baru untuk mengolah sayur-sayuran yang telah Anda konsumsi selama bertahun-tahun. Dan jika Anda bisa menambahkan satu jenis protein dalam setiap menu makanan Anda, itu akan menjadi bonus tambahan.

Brokoli mengandung banyak kebaikan, tetapi jika Anda hanya merebusnya, ia akan kehilangan daya tariknya. Sebaliknya, potong-potong brokoli dan tumis dengan kecap, potongan jahe dan almond panggang. Anda akan merasakan menu baru dan juga mengkonsumsi makanan dengan protein. Daripada mengkonsumsi wortel saja, panggang wortel dengan sedikit jus jeruk dan kayu manis. Sebelum dihidangkan, tambahkan dengan wijen hitam di atasnya.

Kuncinya adalah mencampurkan makanan Anda, tanpa menghilangkan protein agar Anda tetap bertenaga dan yang pastinya menikmati perjalanan Anda. Ingat: Anda bukan hanya menjaga kesehatan, tetapi juga menghemat uang Anda. Daging mungkin selama ini adalah pengeluaran terbesar dalam biaya makan Anda. Oleh karena itu, bervegetarianlah untuk sehari dan dapatkan hadiahnya.

ADers sudah siapkan anda bervegatarian hari ini?

@AreaDEWASA

Sumber :http://www.areadewasa.com/article/he...n-untuk-sehari

memang sayuran itu bagus buat kesehatan tubuh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar