Minggu, 30 Desember 2012

Ingin Menjadi Seorang Game Developer?

Masih ingatkah kalian kapan pertama kali kalian mengenal video game? Ding-dong? Gamewatch atau yang lebih kalian kenal dengan sebutan “Gimbot”? Masih ingat judul video game pertama yang kalian mainkan yang akhirnya membuat kalian mencintai dunia game hingga sampai saat ini? Bermain di rental, menabung dan membeli konsol video game sendiri, atau sampai menginap di rumah teman hanya sekedar untuk ngegame bareng?

Pastinya kalian pernah merasa kagum dan bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat permainan semacam ini? Bagaimana sih permainan yang menarik ini diprogram dan bisa muat ke dalam kaset (cartridge), “gimbot”, atau kepingan cakram ini?
Ingin Menjadi Seorang Game Developer? 1
Semua kenangan semasa kecil ketika tumbuh bersama video game seketika itu juga kembali menyeruak dalam ingatan kalian. Mungkin salah satu di antara kamu yang membaca artikel ini pernah memiliki cita-cita mulia setelah memainkan salah satu judul video game. Ada yang ingin menjadi pilot saat memainkan Jet de Go!, ada yang ingin menjadi bintang sepak bola saat bermain International Superstar Soccer, ada yang ingin menjadi pembalap profesional setelah bermain seri Gran Turismo, begitu banyak impian yang kita dapatkan dari bermain video game.

Namun adakah di antara kalian yang bercita-cita ingin menjadi salah satu developer game? Atau bahkan malah ingin menciptakan mesin game versi kalian sendiri?

Bersyukurlah kalian yang saat ini masih dapat merasakan dan mengikuti perkembangan dunia game terutama di Indonesia. Saat ini sudah cukup banyak studio video game indie di Indonesia yang sudah cukup besar kiprahnya, hingga mampu memperjuangkan arti dan nilai sebuah permainan elektronik yang biasa kalian sebut video game ini tidak hanya di mata masyarakat Indonesia tetapi juga pada dunia. Mungkin inilah saat yang tepat bagi kalian untuk mewujudkan mimpi semasa kecil kalian untuk dapat berbagi mimpi, kesenangan, dan keceriaan akan bermain video game pada orang lain.
APA YANG HARUS DILAKUKAN PERTAMA KALI KETIKA MEMBUAT VIDEO GAME?


Spoilerfor :

Ingin Menjadi Seorang Game Developer? 2



GAME PASSION
Tentu untuk menentukan langkah pertama ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan. Konsep dan tema game yang dibuat haruslah jelas. Kalian tidak harus melihat dan cenderung mengikuti tren genre game yang diinginkan pasar, karena hal itu hanyalah akan membuat game yang kalian buat terlihat ngga jauh beda dengan game lain yang beredar di pasaran. Di samping itu belum tentu kalian menyukai genre yang kalian buat.

Kuncinya di sini kembali pada tujuan kalian membuat sebuah game. Apa yang ingin kalian berikan dari game buatan kalian? Apakah game dengan genre yang sedang nge-tren di pasaran, atau kalian ingin berbagi “mimpi” kalian dengan orang lain, dengan anak-anak atau orang dewasa yang sedang menantikan game menarik & berkesan untuk dimainkan?

Kebanyakan developer mungkin terjebak pada pola pikir penghasilan yang bisa mereka raup dari penjualan game yang mereka kembangkan, dan pada akhirnya melupakan PASSION yang seharusnya mereka tanamkan dalam game dan dulunya menjadi impian mereka.

PARTNER SATU TIM YANG MEMILIKI PASSION YANG SAMA


Spoilerfor :

Ingin Menjadi Seorang Game Developer? 3



Jika kalian sudah memutuskan untuk membuat game sesuai dengan passion yang kalian miliki, dan tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan proyek sendirian, tentunya kalian akan membutuhkan rekan kerja yang mampu berbagi inovasi, pekerjaan, serta punya passion yang sama. Tidak sedikit developer yang dikhianati rekan kerjanya sendiri karena berbeda tujuan dalam mengembangkan proyek video gamenya.

Make people happy, or it is just all about money?

BAGI PORSI PEKERJAAN SESUAI KEAHLIAN MASING-MASING


Spoilerfor :

Ingin Menjadi Seorang Game Developer? 4



Untuk menciptakan sebuah judul game diperlukan beberapa tahap yang di tiap tahapnya diperlukan berbagai keahlian yang harus dikuasai oleh anggota tim di dalamnya. Mulai dari pembuat konsep game, penulis skenario, ilustrator, programmer, tester, dan sebagainya semuanya memiliki andil yang berbeda di setiap tahap prosesnya. Semua orang yang ahli dalam bidang tersebut sangat diperlukan untuk menyelesaikan proyek game yang sedang dikerjakan. Lain cerita jika kalian dapat mengerjakan semuanya sendirian.

Yep, I know what it feels like to be a single fighter game developer.

TAMPUNG PENDAPAT DARI TESTER DAN BERIKAN TIMBAL BALIK

Tidak ada ciptaan manusia yang sempurna, tapi setidaknya kita dapat berusaha untuk menyempurnakan. Dengar dan tanggapi feedback dari tester game kalian. Ambil beberapa poin penting yang sifatnya krusial bagi game kalian, selama itu tidak membuat melenceng konsep game yang kalian buat di awal. Hal ini tidak hanya berlaku ketika game belum dirilis, tapi juga setelah game dirilis di pasaran. Seorang developer yang mau mendengarkan keluh kesah gamer akan kekurangan game yang mereka buat, adalah contoh developer yang paling dicintai oleh para gamer.
Ingin Menjadi Seorang Game Developer? 5
Bisa berbagi impian yang menyenangkan bersama orang lain, dan membuat orang lain tergugah untuk mewujudkan mimpi yang sama tentunya akan sangat berarti bagi seorang developer game. Sekarang giliranmu untuk berbagi mimpimu. icon smile Berbagi Mimpi dengan Menjadi Seorang Game Developer
GAME XEON
TolongBlue Guy Cendol (L)Rate 5 Star
TolakBlue Guy Bata (L)Blue Guy Bata (L)

harus telaten dan tekun sekali kalau mau jadi kaya gituan mah gan .. betul ngga .. nomercantikxl.blogspot dot com .. thanks sharingnya gan.

Ane penikmat aja ganBetty

keren ya gan tapi susah juga kudu teliti banget biar ga ada bug dll
apa lagi klo game kita masuk E3 wihhhCool

abis nonton indiegamethemovie jadi pingin bikin gameMatabelo

mereka bikin game juga untuk mengekspresikan dirithumbsup

ingin bgt gan

harus mempedalam ilmu sama banyakin jam terbang nih
Big Grin

sepi yaSorry
Sundul Up


ane 1 jam aja didepan monitor langsung berat nih mata, gimana sampe mo bikin game yg bisa berjam2 n berhari2

ane gak punya minat gan jadi Depeloper, penikmat aja gan
ane minatnya jadi Pendamping bang Roma di 2014Hammer2



Spoilerfor lapak ane:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar