Rabu, 02 Januari 2013

★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Assalamu'alaikum.wr.wb


★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★ 1


Quote:
Sebelumnya saya mohon ijin posting kepada momods & para sesepuh budaya semua.
Saya bermaksud untuk sharing mengenai Serat Hidayat Jati yang banyak dianggap sebagai petunjuk
sejati yang menjelaskan kedudukan ilmu maÂ’rifat yang lahir dari ajaran para Wali ditanah Jawa.
Tulisan ini saya salin dari buku Penelitian dan Pengkajian Serat Hidayat Jati, yang bersumber dari Buku milik Kantor Balai Kajian Sejarah & Nilai Tradisonal di Yogyakarta, jadi mungkin ada perbedaan susunan & bahasanya dari kitab Serat Hidayat Jati yang lain.
semua ini adalah suatu upaya untuk melestarikan, memelihara & mengembangkan warisan budaya bangsa, bukan untuk membahas kebatinan atau agama tertentu. Jadi mohon maaf kepada para sesepuh sekalian jika mungkin saya tidak akan bisa menjawab pertanyaan yang sangat mendalam tentang isi buku ini




Sekilas Tentang Kitab Serat Hidayat JatiQuote:
Kitab Serat Hidayat Jati merupakan salah sebuah karya sastra seorang pujangga besar di Surakarta, yaitu R. Ng. Ranggawarsita yang mendapat gelar pujangga penutup di kraton Surakarta, isi didalamnya berupa petunjuk-petunjuk atau pengetahuan tentang hubungan manusia dengan keyakinan yang dalam penerapannya lebih bersifat spiritual serta berisi pelajaran tentang nilai-nilai kerohanian yang dapat dipakai sebagai usaha mencerdaskan manusia dalam menelaah identitas manusia itu sendiri, untuk memahami buku ini pembaca harus sudah membekali diri secara bijaksana agar tidak salah mengerti yang menyebabkan perdebatan tak berujung, disamping itu buku ini merupakan Ilmu pengetahuan yang sangat berguna sebagai suatu perbendaharaan hidup, semoga amanat yang terkandung didalamnya dapat menggugah kalbu, menghayati serta berkenan melaksanakan dan menyebar luaskan dengan arif dan bijaksana

Wassalamu'alaikum.wr.wb

Sumber Tulisan
★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★ 2
Sumber

Quote:Praktek dan Maksud terpendam dalam Materi diluar tanggung jawab penulis
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya





Spoilerfor Warahing Hidayat Jati:

[quote=][quote=]Quote:

Warahing Hidayat Jati

Punika warahing Hidayat Jati., ingkng anedahaken dunung ing pangkating ngelmi makripat medal saking wirayating wiradat wejanganipun para wali ing tanah Jawi, sak sedanipun kangjeng susuhunan ing Ngampel Denta, sami karsa ambuka wewi ridan ingkang dados wijining wewejanganipun suraosing ngelmi kasampurnan piyambak – piyambak.

Warahing Hidayat Jati atau petunjuk mengenai Hidayat Jati menurut kisah kehendak para wali di tanah Jawa. Setelah Kanjeng Sunan Ampeldenta wafat, mereka bermaksud mengurai pelajaran ilmu gaib, tasawuf yang jadi pangkal pelajaran serta makna dari masing-masing ilmu kesempurnaan hidup.

Wiyaosipun inggih ugi asal saking dalil, khadis, idjmak, kiyas, kados ingkang sampun kasebut wonten salebeting wiradat, sang kepipun ing murad maksuding wirid sedaya. Menengah pangkatipun satunggal-satunggal kapratelakaken ing ngandhap punika.

Adapun asalnya juga dari dalil, hadis, riwayat, babad, ijmak dan kias seperti telah tersebut dalam iradat, agar lengkaplah arti atau maksud ilmu gaib itu semua. Mengenal tingkatan tersebut, masing-masing dijelaskan seperti dibawah ini.

Ingkang rumiyin sak angkatan jala jamanipun awaling nagari Demak. Para wali ingkang karsa amejang namung wewolu.
1.\tKangjeng Susuhunan Girikedhaton. Wewejanganipun : wisikan ananing dat.
2.\tKangjeng Susuhunan ing Tandhes. Wewejanganipun : wedharan wa hananing dat.
3.\tKangjeng Susuhunan ing Majagung. Wewejanganipun : gelaran kahananing dat.
4.\tKangjeng Susuhunan ing Muryapada. Wewejanganipun : pambukaning tatamalige ing dalem betal mukaram.
5.\tKangjeng Susuhunan ing Benang. Wewejanganipun : pambukaning tatamalige ing dalem betal makmur.
6.\tKangjeng Susuhunan ing Kalinyamat. Wewejanganipun : pambukaning tatamalige ing dalem betal mukadas.
7.\tKangjeng Susuhunan ing Gunung Jati. Wewejanganipun : panetep santosaning iman.
8.\tKangjeng Susuhunan ing Kajenar. Wewejanganipun : sasahidan.


Pertama kali ialah jajaran pada awal jaman negri Demak, para wali yang bersedia memberi pelajaran hanya delapan orang.
1.\tKanjeng Sunan Girikedhaton. Memberi ajaran tentang : wisikan ananing dat.
2.\tKanjeng Sunan idi Tandhes. Memberi petunjuk mengenai : wedharan wa hananing dat.
3.\tKanjeng Sunan di Majagung. Mengajar tentang : gelaran kahananing dat.
4.\tKanjeng Sunan di Muryapada. Memberi petunjuk mengenai : pambukaning tatamalige ing dalem betal mukaram.
5.\tKanjeng Sunan di Bonang. Memberi petunjuk mengenai : pambukaning tatamalige ing dalem betal makmur.
6.\tKanjeng Sunan di Kalinyamat. Memberi petunjuk mengenai : pambukaning tatamalige ing dalem betal mukadas.
7.\tKanjeng Sunan di Gunung Jati. Memberi petunjuk mengenai : panetep santosaning iman.
8.\tKanjeng Sunan di Kajoranr. Memberi petunjuk mengenai : sasahidan.

Ingkang kaping kalih, ing sak angkatan malih, kala jaman akhiripun nagari ing Demak demugi ing Pajang. Para wali ingkang karsa amejang inggih amung wolu.
1.\tKangjeng Susuhunan ing Giriperapen, wewejanganipun : wisikan ananing dat.
2.\tKanjeng Susuhunan ing Darajad, wewejanganipun : sedharan wahananing dat.
3.\tKanjeng Sunan di Ngatasangin, wewejanganipun : gelaran kahananing dat.
4.\tKanjeng Susuhunan ing Kalijaga, wewejanganipun : pambukaning tata malige ing dalem betal makmur. Lajeng ambabar sagung ingkang dados prabotipun amatrapaken panjenenganing dat sedaya, ananing dereng urut ing patrap panggenanipun satunggal-satunggal.
5.\tKanjeng Susuhunan ing Tembayat, kalilan dening guru kangjeng Susuhunan ing Kalijaga, amiridaken wewejanganipun : pambukaning tata malige ing dalem betal mukaram.
6.\tKanjeng Susuhunan ing Padesan, wewejanganipun : pambukaning tata malige ing dalem betal mukadas.
7.\tKanjeng Susuhunan ing Kudus, wewejanganipun : pentep santosaning iman.
8.\tKanjeng Susuhunan ing Geseng, wewejanganipun : sasahidan.


Kedua kali yaitu seangkatan pada waktu akhir negri Demak hingga Pajang. Para wali yang bersedia memberi ajaran juga delapan orang.
1.\tKanjeng Sunan di Giriperapen, memberi ajaran tentang : wisikan ananing dat.
2.\tKanjeng Sunan di Darajad, memberi ajaran tentang : sedharan wahananing dat.
3.\tKanjeng Sunan di Ngatasangin, memberi ajaran tentang : gelaran kahananing dat.
4.\tKanjeng Sunan di Kalijaga, memberi ajaran tentang : pambukaning tata malige ing dalem betal makmur. Lalu memaparkan semua sarana untuk menerapkan adanya semua dat. Tetapi cara penerapan tempat itu masing-masing belum teratur.
5.\tKanjeng Sunan di Tembayat, diijinkan oleh gurunya Sunan di Kalijaga untuk memberi ajaran tentang : pambukaning tata malige ing dalem betal mukaram.
6.\tKanjeng Sunan di Padusan, memberi ajaran tentang : pambukaning tata malige ing dalem betal mukadas.
7.\tKanjeng Sunan di Kudus, memberi ajaran tentang : pentep santosaning iman.
8.\tKanjeng Sunan di Geseng, memberi ajaran tentang : sasahidan.

Dene wewejangan ingkang sampun kasebat ing nginggil punika. Suraosipun inggih nunggil kemawon, amargi sami wiwiridan saking pamejangan kangjeng Susuhunan ing Ngampel denta sadaya.
Sareng dumugi ing jamanipun nagari mentawis, panjenenganipun Nata ingkang sinuhun kangjeng Sultan Agung Prabu Ayakrakesuma, wewejangan wolung pangkat wau karsa kaimpun dalah sak prabotipun pisan, supados mukamada ing suraosipun sadaya. Punika kababaraken dados satunggal wejangan kemawon.


Adapun ajaran-ajaran tersebut diatas, artinya sama saja, sebab memang ajaran itu sama berasal dari ajaran ilmu gaib yang diberikan oleh Kanjeng Sunan di Ampel denta.
Setelah jaman pemerintahan negri Mataram, Yang Mulia Raja Kanjeng Sultan Agung Anyakrakusuma bermaksud mengumpulkan kedelapan tingkatan ajaran tadi sekaligus berserta sarananya, supaya arti atau makna yang terkandung itu dapat dipahami. Semua itu dipaparkan di dalam satu ajaran saja.

Sasampunipun mupakat kaliyan kawruhing para ahli ngelmi, karsa dalem ingkang sinuhun Sultan Agung, lajeng amatah ingkang kalilan amiritaken wejangan makaten wau inggih punika :
1.\tPanembahan Purubaya
2.\tPanembahan Juminah
3.\tPanembahan Ratu Pekik
4.\tPanembahan Juru Kithing
5.\tPangeran ing Kadilangu
6.\tPangeran ing Kudus
7.\tPangeran ing Tembayat
8.\tPangeran ing Kajoran
9.\tPangeran ing Wangga


Sesudah bersepakat dengan para ahli ilmu, maka Yang Mulia Raja Kanjeng Sultan Agung Anyakrakusuma lalu menugaskan mereka, dan yang diijinkan mengajarkan yaitu:
1.\tPanembahan Purubaya
2.\tPanembahan Juminah
3.\tPanembahan Ratu Pekik
4.\tPanembahan Juru Kithing
5.\tPangeran di Kadilangu
6.\tPangeran di Kudus
7.\tPangeran di Tembayat
8.\tPangeran di Kajoran
9.\tPangeran di Wangga

Menggah wewejangan ingkang sampun kaimpun dados satunggal wau, wiyosipun saking asal nenukilan bangsaning kitab tasawuf sadaya, urutipun satunggal sasandhan daliling ngelmi, minongka pitedahan anggenipun amratelakaken Panggandika ing Pangeran Kang Maha Suci dhateng kangjeng Nabi Musa Kalam molah, manawi manungsa punika minongka kanyatuhaning Dat kang asipat Esa. Makaten wau ingkang kawedharaken dados witing ngelmi makripat kados wiridanipun para Nabi, para Wali kala ing kina. Lajeng dipun kiyas para pandhita dados bebukaning wewejanganipun piyambak-piyambak.

Adapun ajaran yang telah dikumpulkan menjadi satu tadi, jelasnya berasal dari kutipan sebangsa kitab tasawuf. Urutan pertama bertumpu pada dalil ilmu, yang menjadi petunjuk dalam menerangkan sabda Allah Yang Maha Suci kepada Kanjeng Nabi Musa Kalamullah, bahwa manusia ini sebagai satuan dat yang bersifat Esa. Demikianlah yang diajarkan sebagai pangkal ilmu makrifat, seperti halnya ajaran para nabi, para wali dijaman dahulu kala. Kemudian diperbandingkan oleh para pendeta untuk menjadi awal ajaran masing-masing.

Sareng kaimpun dados satunggal saking karsa dalem ingkang sinuhun kangjeng Sultan Agung Anyakrakesuma ing Mentawis, punika mupakatipun suraosing ngelmi makripat ingkang kawejangaken sadaya. Wekasan ing salami-lami wejangan wau punika wijang malih, dados sanes-sanesing suraos pangawikan amargi saking kathahipun para wicaksana ingkang dados guru sami ambabaraken wiridanipun piyambak-piyambak.

Sejak dikumpulkan menjadi satu atas kehendak Kanjeng Sultan Agung Anyakrakusuma di Mataram, maka atas sepakat mereka, ya demekianlah arti makrifat yang diajarkan semua itu. Lama-kelamaan ajaran tersebut lebih jelas lagi, akan makna ilmu pengetahuan yang lain-lain, sebab banyak para ahli ilmu itu yang menjadi guru dan mengajarkan ajarannya sendiri-sendiri.

Woten ingkang miridaken praboting ngelmi makripat kewaon, malah terkadhang wonten ingkang amedarharaken patrap ing ngelmi talek akaliyan ngelmi patah, sapanunggalanipun ingkang ngelmi sorokan sadaya. Mila ing mangke dipun parsudi dhateng kiyai Ageng Muhamad Sirolah ing Kedhung Kol, inggih punika sakiduling Kedhung Panganten. Mawi katengeran ing tahun punika ; Rong Sogata Warga Sinuta, salebeting Alip 1779 kadhawahan ilham rinilan dening Pangeran kang ngakening maksudipun pisan. Anurut wewejngan wohing pangkat kakumpulaken dados satunggal kados ing ngandhap punika.

Ada yang hanya mengajarkan sarananya ilmu makrifat saja. Kadang-kadang malahan ada yang mengajarkan penerapan ilmu talek dan ilmu patah dan lain-lain, yang termasuk ilmu sorokan. Maka sekarang ilmu itu dipelajari oleh Kyai Ageng Muhamad Sirolah di Kedhung Kol, yang berada di sebelah selatan Kedhung Panganten. Dengan ditandai tahun: Rong Sogata Warga Sinuta, Alip 1779, ia mendapat ilham bahwa diperkenankan oleh Allah akan maksud tersebut. Adapun menurut ajaran hasil tingkatan ilmu yang dikumpulkan menjadi satu tersebut, terurai seperti dibawah ini.
[/quote]
[/quote]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar