Rabu, 02 Januari 2013

[WASPADALAH] Penipuan Berkedok COD! (Real Story)

Kejadian ini REAL! pengalaman pribadi so, noRepost (S)tentunya

Cerita kasus awal nya begini,
Ane mau beli BB utk kado abang ane gan, ane bukan menemukan SELLER melalui KASKUS, melainkan dr teman ane yg kebetulan dia memberikan info No.HP seorang penjual BB murah kepada ane. Dia dapet nomor itu entah darimana, ane tanya ke temen ane ini apakah dia udah pernah transaksi sama si SELLER sblm nya, dia jawab "belum" (*jd kesan nya ane deh yg jd kelinci percobaan oleh tmn aneHammer (S)). Singkat cerita, setelah ane hubungi SELLER by sms dan telepon, ane langsung ajak ketemuan alias COD gan...posisi SELLER dJakarta, sedangkan ane dBandung gan. Alhasil si SELLER memberi solusi ke ane utk menghubungi partner/kawan dia yg berposisi dBandung dgn memberikan no.HP partner nya yg berada dBandung itu (dia bilang ada 2 divisi, 1 Jakarta 1 lg Bandung), tak ada kejanggalan sama skali gan selama ane transaksi by phone or sms sampai pd akhirnya ane buat janji utk ketemu.

Tibalah hari dimana saat nya ane janjian ketemuan sama si SELLER,
Kami janjian tepat nya di seberang kantor pegadaian daerah Pasar Sederhana, Sukajadi situ gan. Selama perjalanan menuju kesana ane slalu contact-contact-an sama si SELLER, dia mengatakan membawa mobil APV Putih nya dan dia jg menyebutkan plat nomor nya jg agar sesampai nya ane dsana gampang nemuin dia. Ane datang bertiga sama adik ane yg kebetulan jg berminat utk beli BB dan 1 teman adik ane yg kebetulan berniat sama dgn adik ane itu. Entah kenapa, sesampai nya dsana perasaan waspada ane kok muncul begitu aja, dan mobil APV tsb sudah terparkir dsana gan, akhir nya ane bertiga pun merancang strategi utk bertransaksi. Ane suruh adik ane dan teman nya itu yg menemui SELLER, sedangkan ane ngumpet dsamping warung yg kira" berjarak 1O meter dr lokasi adik ane dan SELLER bertransaksi (kenapa ane malah menyuruh adik ane yg bertransaksi? karna ane akui gan klo ane org nya mudah percaya bgt sama akal bulus nya seseorang sedangkan adik ane org nya bs keras dan tegas Stick Out Tongue)

1O menit berjalan
Ane memantau dr kajauhan aja gan sembari menyantap semangkuk basoBig Grinane cm sempat melihat si SELLER buka mobil dan mengambil sesuatu tdk lama, teman adik ane mendatangi ane gan
percakapan ane dgn teman adik ane pun terjadi,
Quote:Ane: gmn transaksi nya bro? bs dpercaya kan org nya? terus barang nya gmn, bagus?
TAA (Teman Adik Ane): ia itu adik abang lg ngikut SELLER nya ke sebuah rumah yg kata nya barang nya ada disitu..dia lg didepan rumah nya nungguin soal nya gk boleh ikut masuk kata nya, kata SELLER nya 5 menitan lah...

Ane: lho? gw pikir barang nya udah sekalian dbawa ama dia, ternyata blm toh? terus menurut lo gmn bro? gk ada yg mencurigakan kan?
TAA: gk ada sih, tp ya itu SELLER bilang musti uang nya dlu yg dkasih sehabis itu barang nya baru diambilin kedalem sama dia...klo gw sih gk brani bang klo akhir nya tetep duid nya dulu yg dkasih...

Ane: WHAT?!! terus adek gw udah ngasih uang nya ke tuh SELLER bro? full ngasih nya??
TAA: ia bang, tp dia td udah nahan KTP si SELLER kok...

ane sempat terbelalak karna denger klo adik ane udah ngasih uang nya walopun barang blm dlihat ada dtangan si SELLER, tp ane rada tenang ketika ane tau klo KTP org nya udah dtahan dan ane jg msh melihat mobil APV nya yg msh terparkir manis gk jauh dblakang mobil ane...
semenit 2 menit berjalan...
akhirnya adik ane muncul dgn raut wajah yg udah gk karuan alias panik campur keselMad (S)
Quote:Ane: gmn? lo knp? panik bgt tampang nya?
Adik: wah...parah! fix ketipu kita
Ane: hah??? ketipu?? maksud lo apa nih??
Adik: ia, td kan gw nungguin ddpn rmh nya tuh..kata dia 5 menit, nah selama 5 menit itu gw ngubungin dia tiba" udah gk aktiv HP nya, yoda gw berinisiatif utk ngubungin yg partner dJakarta nya dong, gw telpon diangkat tuh...lalu dia nenangin gw gitu dgn mengatakan "emang agak lama kok bos, sabar aja yg pasti barang nya ada kok dan kawan saya itu pasti keluar, mslh HP dia gk aktiv itu mungkin karna kurang signal ddlm rumah nya", yoda gw tungguin aja, tp kok ada yg janggal ya setelah gw perhatiin ni rumah bnyk org keluar masuk gitu (memang sih ni rumah kaya sebelahnya tuh ada lorong gelap gitu, dan kata si SELLER ini rumah kos-kosan), gw tanya sama salah 1 ibu-ibu yg lewat jalan ini..

Adik: permisi bu, numpang nanya ini tuh kos-kosan kan bu?
Ibu: ia mas, betul ini kos-kosan..
Adik: terus, kok drtd saya perhatiin bnyk orang yg bolak-balik keluar masuk lewat sini ya bu? bahkan pengendara sepeda motor pun jg pd lewat sini, emang nya dsini ada jalan akses tembus keluar masuk ya bu?

Ibu: ia mas betul, emang kebetulan pas dsamping kos-kosan ini menyatu sama gang tembus jalan kebelakang, jd letter L gitu mas...

akhir nya adik ane lgsg bergegas menghubungi kedua PENIPU tsb, namun apa daya HP kedua nya udah bener" gk bs dhubungiMad (S)
ternyata adik ane berasumsi bahwa orang tsb telah kabur lewat lorong itu dan membawa uang sebesar 3,8 Juta yg telah dberi nya.
akhir nya ane mencoba utk tdk panik dgn menenangkan adik ane bahwa mobil dia mshterparkir dsitu, klo dia kabur yoda itu mobil APV jd hak milik ya tohHammer (S)
blm sampai dsitu, akhir nya ane mencoba bertanya ama salah 1 warga sini yaitu pemilik warung yg ane tongkrongi td
Quote:Ane: punten pak, numpang tanya bapak kenal sama pemilik mobil APV putih yg dparkir ddepan itu gk pak?
Bapak: wah, engga tuh mas..tp ini temen nya ada dwarung bapak nih lg makan
Ane: wahBelokebeneran dong pak..mana ya pak org nya?
(akhirnya org yg dsangka si bapak kawan dr pemilik mobil tsb keluar dr warung)

Supir: ia ada apa ya mas?
Ane: bapak teman nya yg punya mobil itu kan? saya itu td bertransaksi HP sama dia, tp kok udah hampir sejam dsini gk kunjung keluar ya tmn nya itu, gmn ni pak?
Supir: Haduhh mas..saya cm supir mas, itu mobil jg bukan mobil dia tp mobil rental
Ane: WHAT?!! yg bener pak! jd ini mobil rental dan bapak supir dr mobil rental ini?
Supir: ia mas, memang nya ada apa sih mas? saya drtd jg nungguin dwarung kok lama bgt..soal nya saya td dsuruh nunggu ddlm warung lalu dpesenin makan, minum+rokok dan kata nya dia yg mau bayarin semua nya..

Ane: ASTAGA PAK! kita ini sama-sama udah dkelabuhi sama tu orang pak!


Frown jd akhir dr cerita transaksi ini adalah itu PENIPU berhasil menipu 2 pihak dlm 1 waktu yg berbarengan ckckckck...PENIPU kelas MAFIA tu gan nama nya...


ini hasil scanan KTP palsu milik tersangka nya! (credit to diodio)


Spoilerfor KTP PALSU TERSANGKA:



[WASPADALAH] Penipuan Berkedok COD! (Real Story) 10

foto close up :
[WASPADALAH] Penipuan Berkedok COD! (Real Story) 11



Perhatikan tulisan warna merah yg ane bold


Spoilerfor :


  • "dia mengatakan membawa mobil APV Putih nya dan dia jg menyebutkan plat nomor nya jg" --> gk nyangka bgt, dgn awal nya dia mengaku itu mobil milik dia ternyata itu hanya taktik dia utk mengecoh korban, bahkan pihak rental pun kena tipu jg 5OOrb+uang makan, minum, rokok pak supir yg blm dbayar



  • "ane cm sempat melihat si SELLER buka mobil dan mengambil sesuatu" --> agak ganjil memang dsini, namun karna ane jg gk terlalu merhatiin gerak-gerik dia, jd ni org ketika bertransaksi dgn adik ane sempat kewarung sebelah ane ngumpet utk meminta kunci mobil sama si supir, lalu dia hanya mengambil topi nya yg tertinggal dmobil dan mengembalikan kuci nya lg ke supirBerduka (S)bodoh nya ane kok gk sadar ya dsitu saat penipu itu bolak-balik kwarung




  • "KTP org nya udah dtahan" --> ternyata kita semua (bertiga) jg gk ada yg teliti, padahal setelah diamati seksama KTP nya ada yg janggal gan, yaitu oenempatan foto yg miring seperti layak nya scan-an dan jg data ditri yg tercantum di KTP itu, dr nama misal nya..dr awal nama dia "Ryan" tp kok gk ada nyambung"nya sama nama panjang yg tertera di KTP "Muhammad Rafli"Bingung (S)tanyakan, knp???




  • OK! sekian cerita dr ane gan, beri aneBata (S)Bata (S)Bata (S)klo merasa cerita pengalaman ane ini menyesatkan ~.~ skali lg JUST SHARE..mudah"an pengalaman pahit ini berguna bagi agan-agan yg akan atau sering melakukan transaksi jual-beli dgn cara seperti ini


    kaskuser yg baik slalu meninggalkan coment yg baik
    dan tolong di rate [WASPADALAH] Penipuan Berkedok COD! (Real Story) 17 ya gan
    I Love Kaskus
    CREDIT TO AGAN jechtthesin & azkafilardh yg telah memberikan ane penghargaan berupaCendol (S)Blue Guy Cendol (S)Cendol (S)




    Spoilerfor lapak lovehate yg lain nya^^:


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar