Selasa, 25 Desember 2012

Doujin Ongaku


Doujin Ongaku 1
Doujin Ongaku 2Doujin Ongaku 3Doujin Ongaku 4

Intro


Quote:according to wikipedia:
Dōjin music (同人音楽?), also called otokei dōjin (音系同人?) in Japan, is a sub-category of dōjin activity. Dōjin are basically non-official self-published Japanese works which can be based on official products or completely original creations. Such products are sold online on specialized sites, on the authors own sites and in conventions such as the very popular Comic Markets.
Dōjin music isnt a musical genre in itself but is indicative of a particular publishing way, like the term "indie" would be.

Dōjin music consists very often of video game music fan arrangements. Much original music is also created, be it music for dōjin games or simply mainstream music such as pop, rock, techno or trance.

By nature, dōjin music is often synthetic digital productions which allow for self-production at low costs, as opposed to studio mastering live instruments require. It is pretty common to have one live instrument such as a guitar backed up by synthetic orchestrations, though, and full instrumentation is becoming more and more common in dōjin music, such as orchestral works or dōjin jazz.

source: en.wikipedia.org/wiki/D%C5%8Djin_music

Quote:Doujin: a group of people or friends who share an interest, activity, hobbies, or achievement.

While this is the formal definition of the Japanese term, more often than not, it refers to amateur, self-published works such as manga, video games, and music. The doujin scene is a very large part of Japan. Each year, many aspiring artists publish albums, artwork, and even video games that are usually released at comic conventions and other various niche events. In terms of music, many of these artists arrange music from their favorite video games or video game musicians in a variety of styles and peddle their wares to the public in hopes of becoming recognized.

source: squareenixmusic.com/features/editorials/doujinintro.shtml


dari saya sendiri:
Quote:Saya sendiri membedakan doujin music dengan term Underrated Japan Music yang banyak diisi oleh musisi musisi yang membentuk sebuah band. Ada keunikan tersendiri dari doujin music:
1. banyak diisi oleh circle (biasanya terdiri dari composser dan illustrator)
2. dari setiap single / album disertai sebuah artwork
3. cara promosi yang hanya dijual di event" seperti comicket (setiap setengah tahun sekali) dan M3 (setahun sekali)

doujin itu sendiri sebenarnya bukan hanya musik, ada komik, game dst. Untuk doujin music sendiri, terdapat banyak genre seperti pop, rock, trance, house, electronic, metal, hardcore, vocaloid dst. saya sendiri tergolong baru dalam menikmati doujin music, karenanya saya masih perlu banyak belajar dan mohon bantuannya dalam sharing dan diskusi mengenai info info, rilis dan perkembangan doujin music.

note: untuk sharing link download rilisan yang berasal dari filehosting yang linknya permanen bisa ditaruh di thread Jepang dan Korea Music Corner di Sub Forum Music Corner lalu link postnya ditaruh disini.tapi kl yang filehostingnya ada jangka waktu pendeletan file disini aja, woles Shutup


Quote:Original Posted By meromeromeron â–º
berikut beberapa istilah yang bisa berkaitan dengan thread ini
ditulis berdasar yang saya mengerti, jadi kalau ada yang salah atau kurang silaken dikoreksi dan ditambahi

1. Doujin circle: suatu kelompok yang terdiri dari satu orang atau lebih yang menghasilkan suatu karya doujin.

2. Comiket: singkatan dari Comic Market, suatu event doujin yang diadakan di Tokyo Big Sight, setahun dua kali, yakni pada musim panas [pertengahan Agustus], biasa disebut Natsukomi [Natsu Comiket], dan musim dingin [akhir Desember], biasa disebut Fuyukomi [Fuyu Comiket]. Biasanya penyebutan Comiket bisa disingkat menjadi CXX, dimana XX menunjukkan angka edisi Comiket itu berlangsung, misal yang terakhir kemarin adalah C82, ini maksudnya adalah penyelenggaraan Comiket yang ke-82. Di Comiket, beberapa circle menjual/menampilkan karya-karya doujin mereka, baik itu doujin manga, doujin game, doujin music, dll.

3. M3: singkatan dari Music Mix-Media Market, suatu event sejenis Comiket tapi khusus doujin music. Diselenggarakan setahun dua kali, yakni pada musim semi [April] dan musim gugur [Oktober]. Seperti Comiket, pola penyebutan M3 juga memakai M3-XX, dimana XX menunjukkan angka edisi M3 itu berlangsung, misal yang terakhir April kemarin adalah M3-29, ini maksudnya adalah penyelenggaraan M3 yang ke-29. Karena ini event khusus doujin music, yang berpartisipasi adalah circle yang menjual/menampilkan karya doujin music mereka.

4. Reitaisai: atau lengkapnya Hakurei Jinja Reitaisai, suatu event khusus Touhou yang diadakan tahunan di Ikebukuro setiap musim semi.

5. Niconico Douga: atau sering disingkat NND, adalah suatu website video sharing sejenis youtube dari Jepang. Tidak seperti youtube, untuk bisa streaming video di NND anda diharuskan untuk sign-in terlebih dahulu. NND beralamat di www.nicovideo.jp dan itu berbahasa Jepang. Namun, bagi yang tidak bisa bahasa Jepang, tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada versi English yang beralamat di www.niconico.com

6. Vocaloid: software vocal synthesizer yang dikembangkan oleh Yamaha. Dengan software ini kita bisa menciptakan lagu dengan memakai vokal sintesis. Salah satu Vocaloid yang paling terkenal di dunia adalah Hatsune Miku. Sampai sejauh ini, sudah ada tiga seri versi Vocaloid, yakni Vocaloid 1, Vocaloid 2, dan Vocaloid 3. Tiap seri versi itu memiliki bermacam jenis lagi dan dikembangkan oleh beberapa perusahaan berbeda, antara lain Crypton Future Media dan Internel Ltd.Co. etc. Lebih jelasnya, bisa ke thread Vocaloid di AMH.

7. Touhou: suatu game danmaku [shooter] yang dikembangkan oleh Team Shanghai Alice. Walaupun bernama Team Shanghai Alice, sebenarnya hanya terdiri dari satu orang bernama Junya Ota a.k.a ZUN. Pada dasarnya, game ini hampir sama dengan tipikal game shooter pesawat-pesawatan luar angkasa, tapi yang membedakan di sini adalah tidak dengan pesawat melainkan dengan karakter beberapa gadis. Lebih jelasnya, bisa ke thread Touhou di AMH. Lantas apa hubungannya dengan doujin music? Banyak sekali karya doujin music yang dibuat dengan berdasarkan musik BGM ciptaan ZUN pada game Touhou. Musik BGM itu diaransemen sehingga menjadi lagu baru.

8. Voca-P: singkatan dari Vocaloid Producer, adalah orang yang menciptakan lagu dengan menggunakan Vocaloid. Biasanya mereka akan mem-publish karya mereka di NND terlebih dahulu sebelum nantinya dijadikan dalam single atau album. Pada perkembangannya, ada beberapa Voca-P yang berhasil masuk major label dan atau yang menciptakan lagu dengan menggunakan real human singer.

9. Utattemita: secara harfiah berarti "tried to sing/mencoba menyanyi", merupakan salah satu kategori yang ada di NND. Bahasa gampangnya, utattemita adalah song cover, dimana seorang utaite [singer] meng-cover suatu lagu [dalam hal ini umumnya lagu Vocaloid] lalu di-upload ke NND. Banyak utaite NND dari kategori ini yang kemudian menjadi vokalis doujin music dan bahkan lebih dari itu, beberapa di antaranya berhasil masuk major label. Beberapa nama itu antara lain yanagi nagi [sudah pensiun dari utattemita], ChouCho, Hana-tan/yurika, F9/kiyono, wotamin a.k.a KUMI, 96neko, Lon, Soraru, Pokota, Isaji dll.

10. Odottemita: secara harfiah berarti "tried to dance/mencoba menari", merupakan salah satu kategori yang ada di NND. Bahasa gampangnya, odottemita adalah dance cover, dimana seorang odorite [dancer] meng-cover gerakan dance suatu lagu lalu di-upload ke NND. Pada umumnya lagu yang digunakan adalah lagu Vocaloid dan Touhou, tapi tidak terbatas itu saja sebenarnya. Yang menarik, umumnya koreografi dance diciptakan secara original oleh seorang odorite dan kemudian di-cover oleh odorite yang lain. Contoh yang paling terkenal mungkin adalah Bad Apple!! [Alstroemeria Records feat Nomico] yang koreonya diciptakan oleh Butsudan Kamen. Sekedar info, salah satu odorite yang bernama apricot* juga adalah seorang vokalis untuk Alstroemeria Records dengan nama ayame.

11. Niconico Indies: atau sering disingkat NNI, merupakan salah satu kategori yang ada di NND untuk video/lagu yang tergolong indie, termasuk doujin music untuk original. Terkadang yang terlibat dalam NNI ini juga termasuk Voca-P yang membuat lagu original dengan real human singer, misal kolaborasi dengan seorang utaite. Genre lagu dalam NNI variatif, mulai dari yang sweet pop sampai yang aneh-aneh surealistik berbau underrated. Salah satu lagu dari NNI yang terkenal adalah Sweet Magic, ciptaan Junky-P dan dinyanyikan oleh Lon, serta kemudian telah dibuat koreografi untuk odottemita oleh Sacchaso.


Doujin Ongaku 6
Doujin Ongaku 7


Guide to Nico Nico Douga
(With special emphasis on the YT community)
Doujin Ongaku 8

*this guide taken from seraphictune.tumblr.com/post/38118243058/guide-to-nico-nico-douga-with-special-emphasis-on with few changes on images position and removed last part (due to email address and twitter username). At least you still can read the whole guide through the link I mentioned before.

Quote:Hi, this is Tune. I’ve been in the community for awhile and I interact enough with both sides (NND & YT) and I’ve noticed some things. I also notice some questions directed toward ofurotaimu that don’t have a guide so I thought I might make a (informal) guide for certain things.

Etiquette

Don’t use over-excessive English and if you do, make sure it’s simple enough to be understood (in videos, in broadcasts, on twitter, anything, etc unless it’s YouTube). Please avoid spamming NND videos with too much English, it tends to bewilder other watchers…

If you follow an utaite or producer or instrumentalist etc. don’t randomly reply them with random English (basically a restatement) or try to get attention in a flashy way like PLEASE REPLY TO ME @Gero2525. It’s ok to greet in a normal fashion or try to strike conversation by simple things like おはようございます or good morning, but just be aware of what you say.

Remember basic manners and you should generally be ok.

Edit: Ciel would like to add that if you ask politely in Japanese, a lot of utaite will wish you happy birthday too! (key factor being polite and Japanese but it’s worth a try 8D)

Support

It has come to my attention that a lot of people listen to covers from only YT reprints. In many cases the utaite or producer are upset about this so if you can, I recommend watching the original on NND. Especially since the English version of the site is up and running, it’s very easy to make an account and watch it.

You can help support your favorite utaite/producer/odorite, etc by watching on NND. Your views contribute to the rankings as well as mylisting. I feel like it’s a concept that people might not understand too well. Mylisting a video is something like favoriting a video. You can help your favorite artist by mylisting their videos, which contributes to the ranking system.

Where to find the mylist buttons: Above the comments section the button that has マイリスト or you can click the golden button above the comments next to the mylist button to とりあえずマイリスト which is kind of like mylisting for the moment but I’m pretty sure it counts toward the mylist count.

Off Vocals

I notice that a lot of people get their karaokes/off vocals from NicoKaras or other various karaoke videos. They usually have less quality after being put into a video and re-encoded (or um…something like that) so I highly recommend using the off vocals/instrumentals that the producer provides (that and the producer wants you to use them too, which is why they put it up!!) (it’s also higher quality~!). Most of the time producers link instrumentals in the description. It’s usually listed as オケ (oke) or カラオケ (karaoke) with the oke coming from karaoke followed by a link to the instrumental. Make sure to read the description of the video and even if you can’t read Japanese, you can still clicking on links that aren’t mylist links to check (although most cases they are indicated with オケ or カラオケ). If you can’t find a link to the instrumental you can try checking their mylists for links to their piapro account, where many vocaloid producers upload their works. Look for anything that says off vocal too, but from the original poster.



Spoilerfor NND off vocal:

Doujin Ongaku 9





Spoilerfor NND off vocal:

Doujin Ongaku 10





Spoilerfor NND off vocal:

Doujin Ongaku 11





Spoilerfor NND off vocal:

Doujin Ongaku 12




Credit

This doesn’t apply to everyone but I see a lot of covers without crediting and linking the original posters. It’s important to pay respect to the original creators so please put some effort into linking the original video or artwork. Additionally, zerochan isn’t a really a source so please make sure you research a little where the art comes from. Zerochan often takes art from pixiv or other sources without crediting or asking permission from the original artist. Please make sure that the artist is ok with you using the image or at the very least please credit and link to the original. If you’re looking for images to use, try using piapro (http://piapro.jp/ ). Its artwork is usually put up for anyone to use (often where off vocals are uploaded too) but still make sure to credit the artist and maybe even leave a thanks with a link to your video. Iirc you need an account but it’s not too hard to figure out.


-riserep-

-riserep-

circle / composser / soloist
website / blog / niconico

Code:

彩音 〜xi-on〜 : xion.art-studio.cc

love solfege : lovege.noki.tv

PolyphonicBranch : polyphonicbranch.com

sasakure.UK : sasakuration.com

Voltage of Imagination : voltagenation.com


yay!! akhirnya ada thread doujin music!! GOOD JOB!!Blue Guy Cendol (S)

ini dibuat untuk memperingati C82 hari ini yak?Stick Out Tongue

btw, belum tau mau nge-post atau bahas atau komen apaan, jadi sementara meninggalken jejak tiga rilisan C82, antara lain:


Doujin Ongaku 15






Doujin Ongaku 16






Doujin Ongaku 17




^
^
langsung pajang nagi

wah wah
bikin jg ternyata
ikutan ahBlue Guy Peace

request nagi yg laen donkBlue Guy Peace

sasuga langsung dateng para lejenBelo

rilisan nagi, annabel, chata, chouchou mah jgn ditanya, pasti ditunggu..Big Grin

lagi suka ~xi-on~ nihBig Grin

Quote:di c82 rilis "12th spell trick shooter" Belo

Doujin Ongaku 24

crossfadenya:


Doujin Ongaku 25




http://xion.art-studio.cc/
http://www.last.fm/music/%E5%BD%A9%E...xi-on%EF%BD%9E


cari mintjam jugaNgacir


Quote:Original Posted By s.u.e.z.o â–º
sasuga langsung dateng para lejen Belo

rilisan nagi, annabel, chata, chouchou mah jgn ditanya, pasti ditunggu.. Big Grin

lagi suka ~xi-on~ nih Big Grin



cari mintjam juga Ngacir


ikutan nunggu juga deh
nungguin annabel ama chouchou n nagi tentunya
xixixiBig Grin




Quote:Original Posted By Ryougi â–º
^
^
langsung pajang nagi

wah wah
bikin jg ternyata
ikutan ah Blue Guy Peace

request nagi yg laen donk Blue Guy Peace


mbak nagi sejauh ini saya baru taunya yang mamenoi ini
belum tau dah di circle lain [binaria dll] rilis juga di C82 ini atau gak
ataukah yang dimaksudkan request ini selain yang rilisan C82 [rilisan sebelumnya]?

Quote:Original Posted By s.u.e.z.o â–º
sasuga langsung dateng para lejen Belo

rilisan nagi, annabel, chata, chouchou mah jgn ditanya, pasti ditunggu.. Big Grin

lagi suka ~xi-on~ nih Big Grin



cari mintjam juga Ngacir


hmm... itu xi-on aransemen instrumental doang ya

nyebut mintjam, yang saya ingat adalah Little BustersBig Grin

Quote:Original Posted By unicorned â–º
ikutan nunggu juga deh
nungguin annabel ama chouchou n nagi tentunya
xixixi Big Grin


kalo Choucho barusan malah rilis major albumnya, judulnyaflyleaf


Quote:Original Posted By meromeromeron â–º
hmm... itu xi-on aransemen instrumental doang ya

nyebut mintjam, yang saya ingat adalah Little Busters Big Grin


iyak!Smilie

udah pernah coba Yuiko / Primary?Bingung (S)
ada rilisan album ke 9 tuh di C82..

iya bener choucho bukan chouchouHammer (S)

mintjam kayanya gk ngerilis di c82Ngacir


Quote:Original Posted By Wanin.Oko â–º
iyak! Smilie

udah pernah coba Yuiko / Primary? Bingung (S)
ada rilisan album ke 9 tuh di C82..

iya bener choucho bukan chouchou Hammer (S)

mintjam kayanya gk ngerilis di c82 Ngacir


Choucho sama Chouchou beda lho
kalo Chouchou musiknya lebih aneh lagi, seringnya nongol di kategori NNI [niconico indies], channel youtube-nya:chouchouholicEmbarrassment

buat referensi rilisan C82:
Quote:http://www.doujinstyle.com/forum/vie...ic.php?id=2649
banyak rilisan bagus sepertinya


Quote:Original Posted By meromeromeron â–º
Choucho sama Chouchou beda lho
kalo Chouchou musiknya lebih aneh lagi, seringnya nongol di kategori NNI [niconico indies], channel youtube-nya: chouchouholic Embarrassment

buat referensi rilisan C82:

banyak rilisan bagus sepertinya


iyak typo fatal itu choucho sama chouchouHammer (S)

hmm referensi web nya juga kayanya perlu dikumpulin yak..
terus web dari circle" juga perlu dikumpulin, sayang nih artworknya bagus" + tagging lagu yang benerBig Grin

wih ada bassy featuring annabel nih.. asik asik..Big Grin

Akhirnya ada trid buat mangkal jugaBelo
Tapi kok orang2 di trid ini gak asing lagi yahNgakak (S)


Quote:Original Posted By Wanin.Oko â–º
iyak! Smilie

udah pernah coba Yuiko / Primary? Bingung (S)
ada rilisan album ke 9 tuh di C82..

Saya saya! Ane ngefans ama yuiko~

page one di trid orang anehAdd Friend (S)


Quote:Original Posted By minoru09 â–º
Akhirnya ada trid buat mangkal juga Belo
Tapi kok orang2 di trid ini gak asing lagi yah Ngakak (S)



Saya saya! Ane ngefans ama yuiko~


yang lebih sepuh dan lebih lejen di bidang doujin music nongol juga, kurang satu lejen lagi ini yang belum keseret di sini, dan mungkin lejen2 lain yang saya kurang tahuBig Grin
jelas gak asing, isinya juga orang2 yang di thread sebelahBig Grin


btw, ini thread kira2 ntar mau dikonsep gimana ya? misal, batasan pembahasannya sampai mana
kan kalo dibaca di post pertama disebut ada vocaloid, tapi thread vocaloid sendiri kan udah ada di AMH, berarti masih diperkenankankah bahas [sedikit] vocaloid di sini?
lalu, kalo bahas doujin music, kurang lebihnya pasti juga ntar nyerempet ke Touhou, sementara thread Touhou pun juga udah ada di AMH, ini juga bagaimana? apakah tetap bisa dibahas tapi dengan catatan "khusus" untuk musiknya saja? [kalo game atau doujin-nya Touhou yang lain mah biar dibahas di thread-nya]
kemudian, karena beberapa vokalis yang terlibat doujin music itu awalnya [dan bahkan ada yang masih] utaite NND [utattemita], jadi apakah utattemita juga bisa dibahas di sini? kalo untuk NNI [niconico indies] sih sepertinya masih bisa masuk di siniodottemita juga mungkin #plak!! Stick Out Tongue


Quote:Original Posted By meromeromeron â–º
jelas gak asing, isinya juga orang2 yang di thread sebelah Big Grin


btw, ini thread kira2 ntar mau dikonsep gimana ya? misal, batasan pembahasannya sampai mana
kan kalo dibaca di post pertama disebut ada vocaloid, tapi thread vocaloid sendiri kan udah ada di AMH, berarti masih diperkenankankah bahas [sedikit] vocaloid di sini?
lalu, kalo bahas doujin music, kurang lebihnya pasti juga ntar nyerempet ke Touhou, sementara thread Touhou pun juga udah ada di AMH, ini juga bagaimana? apakah tetap bisa dibahas tapi dengan catatan "khusus" untuk musiknya saja? [kalo game atau doujin-nya Touhou yang lain mah biar dibahas di thread-nya]
kemudian, karena beberapa vokalis yang terlibat doujin music itu awalnya [dan bahkan ada yang masih] utaite NND [utattemita], jadi apakah utattemita juga bisa dibahas di sini? kalo untuk NNI [niconico indies] sih sepertinya masih bisa masuk di sini odottemita juga mungkin #plak!! Stick Out Tongue


ane masih newbie banget soal doujin musikEmbarrassment
mohon bimbingannya sepuhEmbarrassment

klo dari niconico sendiri gw cuma tw kek yg namanya luschka sama neko doankPeace


Quote:Original Posted By gie gie gie â–º
ane masih newbie banget soal doujin musik Embarrassment
mohon bimbingannya sepuh Embarrassment

klo dari niconico sendiri gw cuma tw kek yg namanya luschka sama neko doank Peace


saya masih newbie juga kok di dunia doujin music, ilmunya masih segitu-gitu aja belum sedalam ilmunya si minoruMalu
mohon bimbingannya jugaEmbarrassment

ritsuka, kuripurin sama wotamin, itu 3 favorit sayaMalu

Yang demen instrumental akustik, coba cari Forest306 deh, serius underrated banget


Doujin Ongaku 75





Quote:Original Posted By gie gie gie â–º
page one di trid orang aneh Add Friend (S)


taik lah ini orang tukang ngejang kek sodaranya, si jelo.. :mahos

Quote:Original Posted By minoru09 â–º
Akhirnya ada trid buat mangkal juga Belo
Tapi kok orang2 di trid ini gak asing lagi yah Ngakak (S)

Saya saya! Ane ngefans ama yuiko~


yap yuiko rilis -1
Doujin Ongaku 79

entah kenapa webpagenya gak kebaca kanjinya di sayaHammer (S)
http://primary-yuiko.com/9th_album/-1/

Quote:Original Posted By meromeromeron â–º
yang lebih sepuh dan lebih lejen di bidang doujin music nongol juga, kurang satu lejen lagi ini yang belum keseret di sini, dan mungkin lejen2 lain yang saya kurang tahu Big Grin
jelas gak asing, isinya juga orang2 yang di thread sebelah Big Grin


btw, ini thread kira2 ntar mau dikonsep gimana ya? misal, batasan pembahasannya sampai mana
kan kalo dibaca di post pertama disebut ada vocaloid, tapi thread vocaloid sendiri kan udah ada di AMH, berarti masih diperkenankankah bahas [sedikit] vocaloid di sini?
lalu, kalo bahas doujin music, kurang lebihnya pasti juga ntar nyerempet ke Touhou, sementara thread Touhou pun juga udah ada di AMH, ini juga bagaimana? apakah tetap bisa dibahas tapi dengan catatan "khusus" untuk musiknya saja? [kalo game atau doujin-nya Touhou yang lain mah biar dibahas di thread-nya]
kemudian, karena beberapa vokalis yang terlibat doujin music itu awalnya [dan bahkan ada yang masih] utaite NND [utattemita], jadi apakah utattemita juga bisa dibahas di sini? kalo untuk NNI [niconico indies] sih sepertinya masih bisa masuk di sini odottemita juga mungkin #plak!! Stick Out Tongue


gk apa apa sih bahas vocaloid juga santai aja. lah emang rilisan" doujin jg gk semua pake human voice.. malah di threadnya gandumekren dibagi jadi 2, kl gk salah human voice, vocaloid sama touhou..
kecuali kl ngeshare dikasih juga tag tagnya juga biar gk bingungHammer (S)
dalamin musiknya aja.Smiliekl bahas yang lain"nya mungkin lebih mendetail di thread yang di AMH.
pokoknya bahas aja rilisan" comicket sama m3 atau proyekan" mereka di luar event juga boleh,, collab" etc..Big Grin

oke. odottemita jangan *digampar*

kl udah ada banjir link download monggo ksh tau saya nanti tak pindahin jumbofilesHammer (S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar